November 27, 2020

Tafsir Qur\’an Asy syuraa : 23

Home Forums Forum Masalah Umum Tafsir Qur\’an Asy syuraa : 23

Viewing 5 posts - 1 through 5 (of 5 total)
  • Author
    Posts
  • #75536499
    UMAR
    Participant

    Assalamualikum wr wb

    Yaa habibana.. Semoga Allah Ta\’ala selalu melindungi dan menjagamu.

    Afwan..bib ana mau tanya..

    1. Arti qur\’an Asy Syuraa ayat 23 : Qurba disitu maksudnya keluarga nabi atau kekeluargaan y, dan bagaimaan dengan tafsirnya ??

    2. Tafsir Qur\’an Al Ahzab ayat 33 : Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.
    Apakah disini maksudnya seluruh ahlul bait g ada yg masuk neraka ??
    Dan Ahlul bait disini yg dimksd itu siapa ??

    Syukron Bib

    #75536521
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan kebahagiaan semoga selalu menaungi hari hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan,
    1. mengenai ayat itu yg dimaksud adalah keluarga dan kerabat nabi saw. bukan kekeluargaan

    2. mengenai makna ayat ini ada ikhtilaf ulama, sebagian mengatakan yg dimaksud adalah istri istri nabi saw, pendapat lain mengatakan bahwa yg dimaksud adalah Rasul saw, Sayyidina Ali kw, Sayyidatina Fathimah ra, sayyidina Hasan dan husein (Tafsri Ibn Katsir Juz 3 hal 484,485,486,487).

    dan mengenai diharamkan masuk neraka maka bila yg dimaksud adalah Istri2 nabi saw dan kelima manusia mulia diatas, tentunya mereka sudah sangat berhak mendapatkannnya, namun mengenai keturunan sayyidina hasan dan husein tak ada hadits shahih yg menjamin diharamkan dari neraka, namun kalau kepastian masuk sorga maka hal itu hal yg Insya Allah pasti terjadi selama mereka wafat dalam keadaan islam, sebab seluruh muslim pun akan masuk sorga pada akhirnya.

    demikian habiby yg kumuliakan,

    wallahu a\’lam

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a\’lam

    #75542171
    AZIS NURYADIN
    Participant

    Assalamu \’alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh.

    Semoga Allah melimpahkan kesehatan, rizqi yang luas, dan keberkahan waktu bagi Habib Munzir.

    Habib, maaf merepotkan. Saya ingin bertanya mengenai hadits di bawah ini. Bagaimana kedudukannya?

    1. Sesungguhnya Allah menjadikan upahku atas kalian adalah kecintaan kepada Ahlulbait-ku dan aku kelak benar-benar akan meminta pertanggung-jawaban kalian tentang mereka.

    2. Hadis riwayat Abu Nuaim dan Ad Dailami yang meriwayatkan dari jalur Mujahid dari Ibnu Abbas ia berkata, “Rasulullah saw. bersabda: Hendaknya kalian menjaga Ahlubait-ku dan mencintai mereka karena aku.\"

    3. Abu Nu’aim meriwayatkan dengan sanad bersambung kepada Jabir ibn Abdullah, ia berkata:
    Datang seorang Arab baduwi menemu Nabi saw. Lalu berkata, ‘ Hai Muhammad sodorkan kepadaku Islam!’. Maka Nabi saw. bersabda, “Kamu bersaksi behwa tiada Tuhan selain Allah tiada sekutu bagi-Nya, dan bahwasannya Muhammad adalah hamba dan utusan Allah”. Ia berkata, “Apakah engkau meminta upah untuk ini?” Nabi saw. menjawab, “Tidak, kecuali kecintaan kepada al qurba; kelurga dekat”. Ia kembali bertanya, “Keluarga dekatku atau keluarga dekatmu?” Nabi menjawab, “Keluagra dekatku.” Orang itu berkata, “Kemarikan tanganmu, aku akan berbaiat kepadamu. Dan semoga laknat Allah atas orang yang tidak mencintaimu dan tidak mencintai keluargamu. Nabi saw. berkata, “Amiin”.

    4. Al Hakim al Hiskani[4] meriwayatkan dari Abu Umamah al Bahili sebuah riwayat panjang yang menyebutkan bahwa Nabi saw. berdalil dengan ayat ini untuk keluarga beliau, Nabi saw. besdabda:

    Sesungguhnya Allah menciptakan para nabi dari berbagai pohon yang berbeda-beda, dan Dia menciptakan aku dan Ali dari satu pohon. Aku-lah aslinya (pangkalnya), Ali cabangnya, Hasan dan Husain adalah buahnya, para syi’ah kami adalah dedaunannya, maka barang siapa bergantung dengan salah satu cabangnya pasti ia selamat dan barang siapa menyimpang darinya pasti ia celaka. Andai seorang hamba menyembah Allah di antara Shafa dan Marwah selama seribu tahun sampai ia menjadi seperti batang yang lapuk kemudian ia tidak mencintai kami Ahlulbait pastilah Allah akan menjungkirkannya di atas hidungnya ke dalam api neraka. Kemudian (kata perawi) Nabi saw. membaca ayat:

    Katakanlah: “ Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upah pun atas seruanku kecuali kasih sayang kepada Al Qurba”. (QS.42:23)

    5. Riwayat dari jalur Husain al Asyqar dari Qaus ibn Rabii’ dari Al A’masy dari Said ibn Jubair dari Ibnu Abbas ra. ia berkata, “Ketika turun ayat “Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upah pun atas seruanku kecuali kasih sayang kepada Al Qurba” para sahabat Nabi bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakah keluargamu yang wajib atas kita untuk mencintai mereka?\" Nabi saw. menjawab, \"Ali, Fatimah dan kedua putra mereka.\"

    Demikian pertanyaan saya.
    Mohon penjelasannya.
    Jazakumullah khairan katsir.

    Wassalamu \’alaykum wa rahmatulalhi wa barakatuh.

    #75542253
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kebahagiaan dan Kelembutan Nya semoga selalu menyelimuti hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    maaf saya sangat sibuk sekali, saya telah menjajakinya di alat pencari hadits dan saya menemukan 600 hadits lebih mengenai ahlulbait, saya telah menelusuri hingga seratus hadits dan saya temukan banyak hadits semakna dg yg anda tanyakan namun belum tepat pada rawi, matan dan sanad yg tertulis pada pertanyaan anda, namun hadits hadits semakna dg yg anda tanyakan,
    kecuali yg terakhir yaitu pertanyaan nomer 5, maka riwayatnya adalah pada Ma;jamul Kabir lil Imam Thabrani hadits no.2575 dan 12.093,

    saya belum sempat untuk meneruskan meneliti sekitar 500 hadits lainnya.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

    #75542321
    AZIS NURYADIN
    Participant

    Jazakumullah khairan katsir.
    Maaf telah merepotkan Anda.

Viewing 5 posts - 1 through 5 (of 5 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru