Home › Forums › Forum Masalah Umum › TAJWID
- This topic has 1 reply, 2 voices, and was last updated 16 years, 5 months ago by Munzir Almusawa.
-
AuthorPosts
-
August 4, 2008 at 8:08 am #117461896MUHAMMADAKROMParticipant
Assalamu\’alaikum WR.WBR
Habib Munzir Almusawa
Yang saya hormati dan cintaiSemoga Habib dan jamaah Majelis Rasulullah dalam keadaan sehat wal\’afiat selalu
…..aamiin.Ana mau tanya sama Habib perihal ilmu tajwid.yang berkenaan dengan
pembagian IKHFA.
Di katakan ada tiga pembagiannya,yaiti:
1.ikhfa ab\’ad
2.ikhfa aqrob
3.ikhfa ausath
ana sedikit ragu/bimbang bahwa pada ikhfa ab\’ad yang ana dapat dari
para ustadz dan pedoman ilmu tajwid ada yang mengatakan bukan ikhfa
ab;ad(jauh yaitu huruf kaf dan qof) tetapi ikhfa a\’la.
Beliau bersandar dari kitab ilmu tajwid juga.setahu pengetahuan yang ana
dapat dari beberapa sumber sih mengatakan ikhfa ab\’ad yang dominan.Mohon kiranya Habib dapat memberi ilmu sedikit pada ana,karena ana
biar kasih tahu ke yang lain biar satu kata.
Demikian peretanyaan ini dam ana ucapkan banyak terima kasih.Wassalami\’alaikum
GunungputriAugust 6, 2008 at 6:08 pm #117461962Munzir AlmusawaParticipantAlaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Cahaya Rahmat Nya swt semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,
Saudaraku yg kumuliakan,
Dalam memberikan istilah dalam suatu disiplin ilmu tertentu terkadang para ulama berbeda ketika memberikan namanya, sebagai contoh dalam ilmu nahwu ada istilah حروف الجر dan yang lain menamakannya حروف الخفض padahal maksudnya sama hanya lain istilahnya. Dahulu dalam ilmu yang membahas tentang sifat Allah dinamakan ilmu kalam kemudian berubah menjadi ilmu tauhid dan sekarang lebih dikenal dengan ilmu akidah, namanya berbeda tapi maksudnya sama. Begitu juga dengan yang di tanyakan diatas sebagian menyebutnya dengan istilah ikhfa ab’ad, aqrob dan ausath dan yang lain menyebutnya dengan ikhfa a’la, adnaa dan ausath seperti dalam kitab Nihayatul Qoulil Mufid menukil dari Imam Mar’asyi yang menukil dari Ibn Al Jazari dan yang lainnya memberikan istilah lain yaitu Aqwaa, Adh’af dan Ausath seperti dalam kitab Hidayatul Qoory karangan Syekh Al Marshofi. Semua istilah ini mempunyai makna yang sama yaitu ikhfa terkadang lebih dekat kepada izhar dan terkadang lebih dekat kepada idghom tergantung dekatnya huruf ikhfa tersebut atau jauhnya dari huruf nun dan tanwin yang terlebih dekat yaitu huruf ط ر ت dan yang lebih jauh adalah huruf ك dan ق dan yang lain berada di tengah-tengah dari sebab inilah timbul istilah diatas dan para ulama mengatakan tidak di permasalahkan dalam hal istilah selama maksud dan maknanya samaDemikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,
Wallahu a\’lam
-
AuthorPosts
- The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.