November 24, 2020

Teknik solat berjalan

Home Forums Forum Masalah Fiqih Teknik solat berjalan

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #92507222
    GUNAWAN
    Participant

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Ya Habibana..
    Bib langsung aja ya..

    1. Bib, ketika ana sedang solat berjamaah ada shaf yang kosong didepan atau disamping ana (ana sudah solat), apakah boleh maju kedepan atau kesamping dalam keadaan solat? bagaimana caranya?
    2. Bagaimana ketika ana solat berjamaah ada anak kecil menghalangi ana untuk ruku atau sujud, sedangkan imam jalan terus..bagaimana kalau ketinggalan rokaat solat berjemaahnya? apa yang harus dilakukan ?
    3. Bagaimana ketika ana solat berjemaah (misal solat Jumat) diruangan terbuka, tiba\" ada hujan atau bahaya yang datang ? apakah boleh sholat sambil berjalan sampai ditempat yang aman ?

    Jazakumullah khoiron katsiron.
    Wss.Wr.Wb

    #92507247
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kebahagiaan dan Cahaya Kelembutan Nya swt semoga selalu menaungi hari hari anda dan keluarga,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. anda boleh maju pelahan lahan, caranya adalah melangkah maju dg satu langkah besar lalu diamlah beberapa detik, lalu maju lagi selangkah besar, lalu diamlah beberapa detik, demikian hingga anda mencapai shaf didepan anda, mengapa?, karena 3 kali gerakan berturut turut akan membatalkan shalat, maka kita bergerak tanpa berturut turut, yaitu dengan jeda waktu beberapa detik, demikian yg dapat anda lakukan, juga dalam keadaan hujan atau lainnya yg membuat anda perlu menghindar.

    mengenai anak anak anda boleh menyingkirkannya pelahan lahan namun sebagaimana yg saya jelaskan diatas bahwa kita tak diperbolehkan bergerak 3X gerakan berturut turut, dan juga jangan sampai anda berubah posisi dada dari menghadap kiblat.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru