October 27, 2020

tidur di majlis

Home Forums Forum Masalah Umum tidur di majlis

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #176641817

    Assalamu\’alaikum Wr.Wb.
    Habibana yang dimuliakan Allah..

    1.Apa hukumnya tidur di majelis ilmu atau disekolah (tanpa menyengaja untuk tidur,mungkin disebabkan kecapean dlsb akbt aktivitas sebelumnya yg dijalani)..?

    2.orang yg sudah wafat namun belum di aqiqahi,apakah wajib bagi ahli warisnya untuk meng akikahi?.

    3.Bolehkan tulisan arab (salah satu nama al-qur\’an yg dijadikan nama masjid) ditulis di gayung,dan gayung tersebut diletakkan di kamar mandi/wc.?

    ana juga mau menanyakan pertanyaan dari teman ana yaitu.
    \"Saya pernah mndengar cerita dari seorang teman (sambil lalu). Ceritanya begini, suatu ketika Aisyah r.a. diberi suatu benda berwarna kuning oleh seseorang. Kemudian Rasulullah melihat dan mnyuruh Aisyah membuang benda tersebut. Tentu Aisyah tidak sampai hati membuangnya karena benda itu adalah pemberian orang …dan harus dihargai. Rasulullah akhirnya menyuruh Aisyah pergi ke rumah org tadi supaya benda berwarna kuning itu ditukar dengan warna lain. Nah, yang ingin saya tanyakan, benarkah Rasulullah tidak menyukai benda berwarna kuning?? Mengapa?? Apakah ada hadisnya?? Mohon penjelasannya \"
    itu pertanyaan dari teman ana.

    mohon maaf,ana telah mengganggu waktu Habibana.
    Dan teman2 ana disini masing2 menitipkan salam kepada ana untuk disampaikan ke Habiby,dan ana hanya lewat forum ini saja ana bisa menyampaikannya,he..he..

    Salam Rindu.
    Wsslm

    #176641826
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. jika tidak disengaja maka ma;dzur. jika disengaja maka makruh dan bisa terkena dosa dan menjadi haram jika maksudnya meremehkan ajaran Sang Nabi saw.

    2. sebagian ulama mengatakan sudah lepas darinya perintah aqiqah,
    aqiqah hukumnya sunnah muakkadah, dan sebagian ulama masih membolehkan walau sudah dewasa, dan sebagian besar mengatakan bagi yg wafat maka tidak perlu di aqiqahkan, namun pendapat Al Allamah Almusnid Al Habib Ali Masyhur bin Hafidh (mufti hadramaut) mengatakan ada pendapat yg mengatakan masih boleh walau sudah wafat.

    3. jika huruf latin maka boleh saja, karena dalam syariah selain huruf arab tidak terkena hukum hukum syariah, misalnya jika Alqur\’an ditulis dg huruf latin maka boleh disentuh tanpa wudhu, karena tidak dihukumi sebagai Mushaf Alqur;an.

    namun jika bahasa arab, maka hendaknya dihindari jika nama Allah atau Rasul Nya saw.

    4. tidak saudaraku, Rasul saw tidak mempermasalahkan warna kuning, bahkan diriwayatkan pada Sirah Ibn Hisyam bahwa ketika Jibril as turun bersama para malaikat membantu Rasul saw di perang Badr, Jibril as memakai sorban berwarna kuning.
    dan warna kuning adalah warna tanah Madinah Almunawarah dan Hadramaut, oleh sebab itu saya menggunakan warna kuning untuk tulisan Majelis Rasulullah saw.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

    #176641841

    Syukron atas penjelasannya Bib..

    Yaa Habiby..
    sblmnya Habibana mngtkn akan mmprbnyk dkwh di luar kota,bolehkah nanti ana mminta Habibana utk mngisi di Majelis NuurunNabiy Bib.?..Insya Allah kita mau mngdkn nya di waktu libur sekolah.(bulan Juli)..dan juga mohon do\’anya utk majelis ini Bib.

    Habibana yang dimuliakn Allah.
    apakh Habibana tahu aqidah org2 dari golngn Hizbut Tahrir itu.?..

    juga Bib,skrg hmpir ank2 muda yg awam,hmpir psti mmprcyai kiamat itu tahun 2012,stlh adanya film itu,bagaimana mnyanggahnya,.

    Mohon maaf Bib telah mengganggu waktu Habiby.

    Salam Rindu.

    Wsslm.

    #176641847
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    Insya Allah sangat bisa, kita bisa skedulkan untuk anda dan jamaah.

    mengenai hizbuttahrir atau semua gerakan yg ingin menegakkan daulah islamiyah, niat mereka mulia, namun melupakan tuntunan Sang Nabi saw dalam hal ini, karena Rasul saw tak pernah mengajarkan kudeta, Madinah sudah dikuasai Rasul saw namun masih kepemimpinan madinah dibiarkan pada Abdullah bin Ubay bin Salul, padahal ia munafik, Rasul saw dan para khalifah tidak pula membuat negara islam, beliau saw tidak membuat negara Madinah, atau Negara Makkah, khilafah islamiyah adalah kaaffah, yaitu tidak untuk satu negara, tapi untuk dunia.

    Daulah islamiyah hanya bisa berdiri jika mayoritas rakyat sudah mengenal bahwa ajaran islam adalah sebaik baik ajaran dan mereka mau menjalaninya, maka tentu pemimpin yg akan terpilih adalah dari mereka, tanpa keributan dan kudeta atau paksaan,
    maka mereka yg ingin menegakkan daulah islamiyah, sebaiknya benahi dirinya, keluarganya, tetangganya teman2nya demikian sedikit demi sedikit, maka kelak pemimpin yg akan terpilih di masyarakat mereka tentunya adalah yg mayoritas memilihnya.

    mengenai kiamat 2012 itu, tentunya yidak dilandasi dalil yg jelas, kita sebagai muslim hendaknya mempercayai nabi kita saw, yg membawa kabar dari sang pencipta kiamat,

    kiamat bukan dg kehendak makhluk atau ramalan makhluk, kiamat tak akan terjadi kalau Sang Pemilik kiamat belum menghendakinya, jika Allah swt yg mencipta alam semesta ini ingin terjadi kiamat maka terjadilah, tanpa pendapat fulan atau siapapun,

    kita telah dikabarkan oleh nabi saw bahwa sebelum kiamat akan banyak hal besar yg terjadi, yaitu kemakmuran, Imam Mahdi, munculnya dajjal, turunnya Isa bin Maryam as, keluarnya Ya;juj wa ma;juj, dan kesemua itu belum terjadi, dan satu persatu akan terjadi, disangkal atau dipercaya oleh seluruh manusia.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

    Wallahu a\’lam

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru