November 26, 2020

Tipe Bida\’h

Home Forums Forum Masalah Umum Tipe Bida\’h

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #75393769
    suntara
    Participant

    Assalamualaikum wr wb
    semoga habib dan keluarga tetap dalam limpahan rahmat Allah SWT

    ada beberapa pertanyaan yang ana mau tanya nih bib, antara lain:
    1. kalau selama ini saya mengenal bidah hasanah, bisa nggak habib sebutin beberapa contoh yang termaksud dalam bidah dolalah?
    2. amalan zikir dengan penyebutan beberapa kali seperti 11x, 1000X, dan sebagainya yang berdasarkan dari pengalaman orang – orang alim/ soleh, apakah boleh kita amalkan dan tidak ada larangannya kan?
    3. saya mau tanya apakah habib berteman/kenal Ustad Imam Mustofa anak dari Alm H. Mukhtar, yang tinggal di Tebet timur dalam. yang majelis ta\’limnya Darul Mukhtar?

    #75393808
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan kebahagiaan dan kasih sayang Nya swt semoga selalu tercurah pada anda dan keluarga,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. Bid’ah dhalalah adalah segala hal baru yg mungkar dan bertentangan dengan syariah, misalnya mengganti shalat dengan bahasa Indonesia, merubah Assalamualaikum menjadi selamat pagi, mengakui persamaan agama, dan masih banyak lagi berupa hal baru yg buruk dan bertentangan dg syariah.
    2. tak ada larangannnya bahkan hal itu merupakan sunnah Nabi saw, banya hadits2 shahih yg menjelaskan bahwa Barangsiapa yg bertasbih 33X tahmid 33X, takbir 34X setiap habis shalat maka dihapus dosanya walau sebanyak buih dilautan” (shahih Bukhari) dan masih banyak hadits shahih lainnya yg merujuk pada dzikir dg hitungan angka, adapula dzikir yg tak dengan hitungan angka yg jug teriwayatkan dari hadits shahih.

    Namun pelarangan atas dzikir dengan nangka adalah Bid’ah dhalalah karena Rasul saw tak pernah melarangnya bahkan memerintahkannya.

    3. Saya pernah jumpa dengan beliau 2X, dan keduanya adalah berjumpa di majelis undangan maulid, beliau dan saya sama sama akan menyampaikan ceramah, beliau ramah pada saya dan kita sepakat untuk saling jumpa namun hingga kini belum terlaksana karena padatnya waktu masing masing.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, maaf saya menjawab pertanyaan anda dari Manokwari Irian jaya, mohon doa.

    Wassalam.

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru