November 28, 2020

Video Rekaman Contoh Pengajaran Rukun Islam

Home Forums Forum Masalah Fiqih Video Rekaman Contoh Pengajaran Rukun Islam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #97696028
    Nugroho Laison
    Participant

    As Salamu \’alaikum wr. wb. Habib Munzir,

    Habib Munzir yg ane hormati,

    Izinkan ane memberikan usulan (mohon maaf jika ternyata sudah dilakukan, karena ane baru bergabung dgn komunitas majelis rasulullah), agar dari Majelis Rasulullah membuat rekaman mengenai pengajaran dan contoh pelaksanaan Ibadah yg termasuk dlm kategori Rukun Islam yg 5.

    Karena di pasaran sudah banyak rekaman video tata cara berwudhu dan sholat baik sendiri maupun berjama\’ah… juga ada beberapa rekaman atau animasi tata cara Haji.

    Namun menurut ane yg awam dan bodoh ini, kadang kala terkesan mengambil tekstual dari Al-Quran dan Hadits Nabi Muhammad saw belaka.

    Padahal dalam perenungan ane, kadangkala tekstual tsb tdk bisa diambil apa-adanya, harus ada penjelasan lebih lanjut.

    Juga kadangkala sumber rekaman tsb seolah menafikan khilafiyah dan perbedaan madzhab, kadang (tdk selalu, tapi terjadi) menganggap caranya lah yg paling benar dan yg lain lemah, atau bahkan sampai ke tingkatan merasa caranya benar yg lain salah (bukan perbedaan rojih atau tdk (dhoif) ).

    Ini yg memicu polemik berkepanjangan dalam masyarakat muslim khususnya di Indonesia.

    Ini juga menjadikan muallaf atau bahkan orang non-muslim enggan mendalami Islam, karena terkesan sibuk pd aspek formalitas dan banyak perdebatan dan pergunjingan terkait hukum agama. Ini yg ane rasakan dan ane amati, sebagai muallaf dari keturunang Tionghoa.

    Bila ada rekaman tsb yg menjelaskan dalil Al-Quran dan Hadits beserta kekuatan tingkatannya, lalu rujukan kitab-kitab fiqih, juga contoh pelaksanaannya dalam 4 madzhab yg umum, maka diharapkan orang-orang yg awam seperti ane menjadi lebih paham, dan dapat memperkecil jurang fanatisme dan perdebatan khilafiyah seperti yg sering dipicu oleh segolongan dari masyarakat muslim. Ini tentu sangat baik, setidaknya dalam pemikiran ane yg awam dan mualla ini.

    Ide sama seperti dgn ide sewaktu mengobrol dgn Koko ane yg pernah mengaji dgn alm. Mu\’allif K.H.M. Syafi\’i Hadzami, mengapa banyak ajaran para \’alim \’ulama di Indonesia ini, dari para sesepuh dan grand-master masyakhihnya kurang terdokumentasi dan tdk ada contoh visualisasinya, terutama Ibadah dlm Rukun Islam yg 5.

    Sangat disayangkan, karena para \’alim \’ulama semakin berkurang, ilmu semakin menghilang, fitnah semakin merebak…sementara kondisi zaman berubah sangat dinamis. Sulit bagi kebanyakan orang utk belajar secara rutin menemui para \’ulama tsb (walaupun inilah adab yg seharusnya) akibat tuntutan dinamika kehidupan.

    Tapi di sisi lain, kehausan akan ilmu dan hikmah dari para \’ulama semakin meningkat. Sebenarnya banyak orang ingin menyelami agama secara benar, ingin mendekatkan diri kpd Allah dan menghidupkan tuntunan ajaran agama. Namun mereka bingung.

    Maka tampaknya sulit dihindari, bahwa banyak kajian harus disampaikan dgn alternatif lain, dalam media offline seperti rekaman audio-video. Dan utk praktek ibadah, tampaknya butuh visualisasi, tdk bisa sekedar audio saja.

    Demikian masukan dari ane, mohon maaf bila kurang berkenan.
    Yg benar dari Allah semata, yg salah dari ane pribadi semata.
    Mohon bimbingan Habib Munzir.

    Wassalam,

    Nugon (Nugroho Laison)

    #97696089
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya anugerah Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dan keluarga,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    terimakasih atas saran anda, saran anda akan kami perhatikan,

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Fiqih’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru