December 6, 2020

Wafatnya Rasul SAW

Home Forums Forum Masalah Umum Wafatnya Rasul SAW

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #94404878
    sholeh
    Participant

    Assalamualikum Wr Wb Ya Habibana Munzir
    Semoga Allah Selalu melimpahi keberkahan kepada Habib dan Keluarga.
    Ya Habib ada suatu yg menggajal di hati saya ttg wafat rasul SAW, di tempat saya bekerja banyak sekali buku2x agama, tapi pengarangnya asing di mata saya salah satu buku karangan Ulama tsb yaitu \"Malam Pertama di Alam Kubur \" yg dikarang oleh tiga uLama salah satunya Dr. A\’idh Al-Qarni, M.A sepintas buku itu sama, yaitu mengajarkan Ajaran Ahlisunnah wal Jama\’ah. tapi dia menulis ttg kematian Rasul dengan pesan sbb : ketika Rasul sakaratul maut beliau mengulang-ulang kalimat yg dipesankan sepninggalnya \" sesungguhnya Allah melaknat Yahudi dan Nasrani. mereka menjadikan kuburan Nabi2x mereka sebagai masjid. Allah sangat murka sangat murka sekali kpd suatu kaum yg menjadikan kuburan mereka sebagai masjid \". dan setelah itu beliau mengucapkan shalat…shalat..dan Budak-budak kalian. lalu ruh beliau meninggalkan jasadnya.
    1. Benarkah Hal yg demikian itu ?
    2. Siapakah Dr. Aidh Al-Qarni itu ?
    mohon penjelasannya Habib agar saya yg bodoh ini tidak bimbang dn ragu syukron.

    #94404895
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Kebahagiaan dan Cahaya Kelembutan Nya swt semoga selalu menaungi hari hari anda dan keluarga,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. Hadits itu benar, Kita akan lihat ucapan para Imam :
    Berkata Guru dari Imam Ahmad bin Hanbal, yaitu Imam Syafii rahimahullah : “Makruh memuliakan seseorang hingga menjadikan makamnya sebagai masjid, (*Imam syafii tidak mengharamkan memuliakan seseorang hingga membangun kuburnya menjadi masjid, namun beliau mengatakannya makruh), karena ditakutkan fitnah atas orang itu atau atas orang lain, dan hal yg tak diperbolehkan adalah membangun masjid diatas makam setelah jenazah dikuburkan, Namun bila membangun masjid lalu membuat didekatnya makam untuk pewakafnya maka tak ada larangannya”. Demikian ucapan Imam Syafii (Faidhul qadir Juz 5 hal.274).

    Berkata Alhafidh Ibn Hajar Al Atsqalaniy : “hadits hadits larangan ini adalah larangan shalat dg menginjak kuburan dan diatas kuburan, atau berkiblat ke kubur atau diantara dua kuburan, dan larangan itu tak mempengaruhi sah nya shalat, (*maksudnya bilapun shalat diatas makam, atau mengarah ke makam tanpa pembatas maka shalatnya tidak batal), sebagaimana lafadh dari riwayat kitab Asshalaat oleh Abu Nai’im guru Imam Bukhari, bahwa ketika Anas ra shalat dihadapan kuburan maka Umar ra berkata : kuburan..kuburan..!, maka Anas melangkahinya dan meneruskan shalat dan ini menunjukkan shalatnya sah, dan tidak batal. (Fathul Baari Almayshur juz 1 hal 524).

    Darisini diambil kesimpulan bahwa shalat menghadap kuburan tidak haram dan tetap sah shalatnya, namun makruh, dan makruh adalah tidak dosa bila dikerjakan dan mendapat pahala bila ditinggalkan.

    Berkata Imam Ibn Hajar : “Berkata Imam Al Baidhawiy : ketika orang yahudi dan nasrani bersujud pada kubur para nabi mereka dan berkiblat dan menghadap pada kubur mereka dan menyembahnya dan mereka membuat patung patungnya, maka Rasul saw melaknat mereka, dan melarang muslimin berbuat itu, tapi kalau menjadikan masjid di dekat kuburan orang shalih dengan niat bertabarruk dengan kedekatan pada mereka tanpa penyembahan dg merubah kiblat kepadanya maka tidak termasuk pada ucapan yg dimaksud hadits itu”(Fathul Bari Al Masyhur Juz 1 hal 525)

    2. mengenai nama beliau itu saya belum pernah mendengar tentangnya.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

    #94405031

    Assalamu\’alaikum

    afwan menambahkan, seorang ulama saudi, kelahiran 1379 H (1960 M) nama lengkap Dr. \’Aidh Abdullah bin \’Aidh al-Qarni. Nama al-Qarni adalah penisbatan tempat kelahirannya, sebuah daerah di selatan Arab Saudi.

    Ia menamatkan program sarjana (Lc), magister (M.A.) dan doktor di Universitas Islam Imam Muhammad bin Su\’ud, Riyadh.

    Menurut beberapa sumber, beliau seorang ulama wahabi yang pernah dipenjara oleh pemerintah saudi gara2 lantang menentang kehadiran pasukan amerika di saudi. Beliau pengarang buku La Tahzan. Kemarin-kemarin beliau di fatwakan sesat oleh sesama ulama wahabi lainnya.

    #94405038
    Munzir Almusawa
    Participant

    terimakasih atas tanggapan anda saudaraku.

    Allah menyambut anda dengan segala anugerah Nya swt.

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Umum’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru