Forum Replies Created
-
AuthorPosts
-
mfdParticipant
Alaikumussalam wr wb
Saudaraku… untuk teks qosidah yang anda minta sudah kami kirimkan ke email anda maaf atas keterlambatannya, untuk MP3 Qosidahnya akan kami tampilkan di Menu Multi Media secepatnya, anda serta seluruh jamaah yang oneline di Website Majelis Rasulullah saw ini bisa mendownloadnya.
Untuk sekedar Informasi, Kios Nabawi Majelis Rasulullah SAW menyediakan Kitab Maulid Dhiya\’ullaami karangan guru Mulia Al Allamah Al Musnid Alhabib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidh, Lengkap dengan teks maulid dan teks Qosidah-qosidah beserta artinya yang diterjemahkan langsung oleh Habibana Munzir Al Musawa , untuk 1 Kitab tersebut seharga Rp.15.000.- serta CD Audio Qosidah-qosidah juga tersedia, untuk lebih lengkapnya buka Menu KIOS NABAWI.
Wassalam
mfdParticipant[b]saya juga berharap kepada Admin jika suatu saat merekam majelis malam selasa hendaknya disajikan dimulti media lengkap seperti yang ada di Radio Ras FM sehingga kita yang mendownload bisa mendengarkan sholawat dan doa akhir majelis…terima kasih…[/b]
Saudaraku yang kumuliakan, Terimakasih atas saran dan masukannya.. InsyaAllah kami akan sajikan dimulti media lengkap sesuai yang anda minta..
Wassalam
mfdParticipantDOA TAHLIL
[file name=DOA_TAHLIL_2.doc size=30208]http://majelisrasulullah.org/components/com_simpleboard/uploaded/files/DOA_TAHLIL_2.doc[/file]
mfdParticipantSHALAWAT AT TAAJJIYYAH
[file name=bc99c7b766351d4eab85b28b09842e4f.doc size=28160]http://majelisrasulullah.org/components/com_simpleboard/uploaded/files/bc99c7b766351d4eab85b28b09842e4f.doc[/file]
mfdParticipantAlaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Berikut Jawaban Habibana yang sudah ada sebelumnya di Forum :
Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Cahaya keridhoan Nya swt semoga selalu menerangi hari hari anda,
saudaraku yg kumuliakan,
saya ini tak pantas menjadi murid, maka apalagi menjadi guru..kita bersaudara tuk bersama sama menuju keridhoan Allah swt,
saudaraku, makna kalimat NAHNU yg dijelaskan oleh Imam Ibn Katsir dalam tafsirnya secara lafadh memang malaikat, namun Imam Ibn Katsir bukan memaksudkan malaikat sendiri, namun Allah dan malaikat lebih dekat kepada seseorang dari urat leher mereka sendiri.
kalimat NAHNU tidak bisa dimaknakan malaikat secara mutlak tanpa dibarengi Dzat Allah swt, karena NAHNU bermakna KAMI, bila maknanya malaikat, maka malaikatlah yg berfirman, bukan Firman Allah swt.
maka ucapan KAMI adalah ucapan malaikat, tentunya bukan demikian yg dimaksudkan oleh Imam Ibn Katsir, beliau menjelaskan bahwa Allah dengan Qudrat Nya swt menjadikan malaikat itu lebih dekat dari seseorang daripada dirinya sendiri, namun sesekali bukan menafikan Allah swt dari kedekatan pada orang itu.
maka jelaslah maknanya bahwa Qudratullah swt itu lebih dekat kepada manusia itu daripada malaikat kepada manusia itu, karena Allah lah yg mengatur kedekatan itu, maka Qudrat Nya swt lebih dekat kepada manusia itu daripada malaikat.
namun berkata Imam Ibn katsir bahwa Allah swt memakai Dhomir Nahnu adalah dimaksudkan jangan ada pemahaman perpaduan atau persatuan tubuh dengan Dzat Allah dalam ayat tersebut.
namun seseekali bukan menafikan kedekatan Allah swt dari manusia itu, hingga merubah makna KAMI adalah malaikat, hingga yg berkata itu adalah malaikat, tentunya bukan demikian.
lalu bagaimana dengan hadits Qudsiy : \"Aku bersama hamba Ku saat Hamba Ku mengingat Ku…. \" (shahih Bukhari). bahkan dalam hadits Qudsi itu dikatakan bila hamba Ku mendekat pada Ku sejengkal aku mendekat pada Nya sehasta, bila hamba Ku mendekat pada Ku satu hasta maka Aku mendekat pada Nya satu depa, bila ia mendekat pada Ku dengan berjalan maka aku mendekat padanya dengan berlari\"
bukanlah ini berarti berjarak dekat?, tentunya jarak tidak bisa dikiaskan pada Dzat Nya swt, lalu apakah Allah berlari mendatangi kita?, tentunya hal ini bermakna kiasan besarnya penghargaan Allah kepada Hamba Nya yg berdzikir dan ingin dekat pada Nya swt, demikian pula ayat diatas, bahwa Allah swt dekat tanpa jarak dan sentuhan.
namun sesekali bukan menafikan Allah dari dekat pada hamba Nya dengan merubah makna ayat tentang ucapan Allah menjadi ucapan malaikat.
demikian saudaraku yg kumuliakan,
wallahu a\’lam
mfdParticipantAlaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Berikut Jawaban Habibana yang sudah ada sebelumnya di forum :
Mengenai Nur Muhammad saw adalah makhluk pertama haditsnya telah dikeluarkan oleh Imam Abdurrazaaq dari Jabir ra dg sanad Shahih, rujuk Kitab Anwarulmuhammadiyyah hal.13, diperkuat oleh Hadits Riwayat Ibn Abbas ra, (Kitab Assyifa oleh Imam Qadhiy \’Iyadh hal 83).
mengenai Allah swt memulai penciptaan seluruh makhluq dari Nur Muhammad saw : hadis Qudsiy riwayat ibn abbas: Kalau bukan karena Muhammad tak kuciptakan Adam, tak pula Surga dan tak pula…. hingga akhir hadits.
rwyt Imam Hakim dan hadits inipun diakui dan disahkan oleh Imam Assubki dalam kitabnya Syifaus siqom, dan Imam Bulqaini pada Fatwanya.
dan juga hadis riwayat ibn Abbas dengan makna serupa rwyt Imam Addailami fi musnadihi.Mengenai bahwa Allah menciptakan segala sesuatu untuk/sebagai hadiah bagi Muhammad saw dapat dilihat pd Musnad Imam Hakim dg sanad shahih
namun tak lepas dari Ikhtilaf dan sanggahan, maka semua permasalahan ini merupakan Ikhtilaf yg tak perlu dipermasalahkan, bagi yg mempercayainya maka berpegang pd dalilnya, dan bagi yg tak mempercayainya pun sebaiknya berpegang pd dalilnya.
Wallahu a\’lam
berikut linknya:
http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=7&id=204〈=id#204mfdParticipant1.Susunan ayat di Al quran itu memang Allah yang ngatur disampaikan melalui bacaan malaikat jibril kepada rasulullah (yang ini bener)…tetapi mengenai susunan surat ini setelah surat itu dan seterusnya….itu aturan dari pada sahabat yang menyusunnya…..betulkah bib????
Berikut Jawaban Habibana yang sudah ada sebelumnya di Forum :
1). Penyusunan ayat dalam Al Qur\’an
menurut Ijma Ulama, penyusunan itu dari ALLAH swt lewat Jibril yg diajarkan kpd Rasul saw. Dan ada yg berpendapat dari Ijma? Shahabah Radhiyallahu?anhum, namun pendapat pertama yg Rajih
pendapat yg pertama ini berdalilkan hadits Rasul saw : \"Ambillah Alqur\’an dari empat orang, Abdullah bin Mas\’ud, Salim (Ibn Ma\’qil Maula Abi Hudzaifah), Mu\’adz bin Jabal, dan Ubay bin Ka\’b\". (HR Bukhari).
empat sahabat diatas dua orang yg pertama adalah dari Muhajirin.dan yg dua selanjutnya adalah dari Anshar.
dan bukanlah berarti hanya mereka yg hafal Al Qur\’an, namun sebagian Ulama berpendapat bahwa Rasul saw telah menjelaskan bahwa empat orang ini adalah yg sudah beliau ajarkan susunan Al Qur\’an, juga dalam Shahih Bukhari ketika Qatadah ra bertanya kepada Anas bin Malik ra : \"siapakah yg mengumpulkan Al Qur\’an sebelum Rasul saw wafat?\", maka Anas bin Malik ra menjawab : \"Ubay bin Ka\’b, Mu\’adza bin Jabal, Zeyd bin Tsabit dan Abu Zeyd\".menurut Imam Qurthubi, tidaklah riwayat Anas bin Malik ra berarti tak ada yg mengumpulkan Al Qur\’an dimasa hidupnya Rasul saw, namun orang orang yg disebut oleh Anas bin Malik ra itu adalah yg benar benar dikehuinya memiliki kumpulan Al Qur\’an secara lengkap. sebagaimana Sabda Rasul saw.
(Sumber : Kitab Al Itqan fi ulumil qur\’an oleh Imam Suyuthi juz 1 hal 284-296, dan Zubdatul Itqan oleh Imam Muhammad Al Maalikiy)
Tambahan :
Kitab Al Itqan fii Uluumilqur\’an adalah salah satu kitab Induk dan Marja\’ bagi para Imam Imam Ahlussunnah waljama\’ah dalam permasalahan Al Qur\’an. kitab ini ditulis oleh Al Hafidh Imam Jalaluddin Abdurrahman Assuyuthi rahimahullah, beliau adalah salah seorang Muhaddtis besar yg terkemuka, dan beliau ini telah hafal lebih dari seratus ribu hadits Rasul saw dengan sanad dan hukum matannya, belum lagi keluasan Ilmu beliau dalam segala cabang Ilmu Syariah lainnya,. Nafa\’anallah bi\’ilmihi fiddarain amiin.Wallahu a\’lam
November 27, 2008 at 9:11 pm in reply to: Bacaan surat setelah Al-fatiha pada sholat fardu #132688681mfdParticipantSurah Dalam Shalat 5 Waktu
[file name=08584f03809878d9142430ac9ea7fbcf.doc size=40448]http://majelisrasulullah.org/components/com_simpleboard/uploaded/files/08584f03809878d9142430ac9ea7fbcf.doc[/file]mfdParticipantAlaikumussalam wr wb
Saudaraku yang kumuliakan, Alhamdulillah minggu ini kursus bahasa arab, ilmu tajwid dan sejarah Nabi Muhammad SAW khusus Nisa sudah dibuka lagi pendaftarannya, anda bisa langsung mendaftarnya, untuk pendaftarannya dan keterangan lebih lanjut anda bisa menghubungi sdri. Aisyah Najmatunnisa 0817 0974110.
Demikian saudaraku.
WassalammfdParticipant[b]Teks Hizbul Bahr Sayyid Abi Hasan Asy-Syadzili[/b]
[file name=59edc107e210572ad263b655c6c113ed.doc size=36352]http://majelisrasulullah.org/components/com_simpleboard/uploaded/files/59edc107e210572ad263b655c6c113ed.doc[/file]
-
AuthorPosts

