Jalsatul itsnain Majelis Rasulullah Saw

15 juni 2020

-Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Habsyi

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

نَوَيْتُ التَّعَلُّمَ وَالتَّعْلِيْمَ، وَالنَّفْعَ وَالاِنْتِفَاعَ، وَالْمُذَاكِرَةَ وَالتَّذْكِيْرَ،
وَالإِفَادَةَ وَالاِسْتِفَادَةَ، وِالْحِثُّ عَلَى تَمَسُّكِ بِكِتَابِ الله،
وَبِسُنَّةِ رَسُوْلِ الله صلى الله عليه وسلَّم،
وَالدُّعَاءَ إِلَى الْهُدَى، وَالدِّلالَةَ عَلَى الْخَيْرِ،
اِبْتِغَاءَ وَجْهِ الله وَمَرْضَاتِهِ وَقُرْبِهِ وَثَوَابِهِ

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ
لاحول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
وَمَا تَوْفِيقِي إِلَّا بِاللَّهِ ۚ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْهِ أُنِيبُ
حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ
نعم المولى ونعم النصير

Segenap para hadirin jamaah Majelis Rasulullah Saw wabil khusus para Muallimin, para Asatidz Habib Husein bin Ridho Al-Habsyi, Ust.Afif serta para hadirin demikian para jamaah Live Streaming Majelis Rasulullah Saw dimanapun berada mudah-mudahan keberadaan kita perkumpulan kita malam ini menjadi sebab turun nya pengampunan dari Allah Swt, menjadi sebabnya turun nya rahmat Allah Swt, Allah Swt perbaiki keadaan kita semua, keadaan kaum muslimin, keadaan negri kita dan negeri kaum muslimin dimanapun berada dan mudah-mudahan ilmu yang kita pelajari menjadi ilmu yang berguna dan bermanfaat Amin Allahumma Amin.

Hadirin-hadirat yang di rahmati oleh Allah Swt sampailah kita pada pelajaran kitab Riyadhussholihin tepatnya sudah berada kita di bab yang kedua yaitu bab tentang Taubat yang beberapa waktu yang lalu tepat nya sebelum Ramadhan sudah kita kaji di permulaan dari pada bab At-Taubah lalu sampailah kita pada kelanjutannya pada Firman Allah Swt

وَتُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ ٱلْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung

وَاسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ

Dan mohonlah ampun kepada Rabb-mu

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa

Sampailah kita pada firman allah swt  di dalam kitab Riyadhussholihin yaitu pada bab Taubat.

وَتُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ ٱلْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung

Ini ayat pertama di letakan di dalam kitab Riyadhussholihin tepatnya pada bab Taubat. Ibu bapak hadirin-hadirat yang di rahmati oleh Allah Swt. Ayat ini kalau kita lihat adalah surat Annur. Surat Annur itu kalau kita lihat di dalam Al-Qur’an Insya Allah surat Madaniyah. Surat Madaniyah itu identik nya Nabi ada nya di Madinah dan ayat-ayat nya saja turun setelah Nabi Hijrah. Artinya ketika Allah Swt mewahyukan ayat ini di surat Annur kepada Nabi, Nabi berada di Madinah di sekeliling Nabi ada Sayyidina Abu Bakar, Sayyidina Umar, Sayyidina Ustman, Sayyidina Ali, Saad bin Abi waqqash, Said bin Zeid, Abu Ubaidah 10 orang yang di jamin masuk Surga semuanya ada tapi ayatnya perlu kita perhatikan (waatuubu) bertaubatlah kalian semua (jamiaan) laki perempuan, tua-muda, kaya-miskin,(ayyuhal Mukminun) wahai orang-orang yang beriman (la’allahun tuflihun) semoga kalian mendapat keberuntungan. Ini ayat singkat karena memang di awal-awal cuman sedikit pemahaman yang lebih jjauh coba kita bayangkan bagaimana Allah Swt kamu Muslimin saat itu Taubat. Kaum Muslimin nya tidak seperti kita tapi kaum Muslimin seperti Sayyidina Abu Bakar yang imannya tidak bisa tertandingi dengan iman kaum Muslimin seluruh dunia.

Yang kata Nabi seandainya di letakan iman Abu Bakar Siddiq di satu timbangan.di timbangan yang satu Sayyidina Abu Bakar di timbangan yang satu seluruh iman kaum beriman seisi dunia lebih berat timbangan Sayyidina Abu Bakar Siddiq Imannya.

Ada Sayyidina Abu Bakar ada Sayyidina Umar. Siapa yang tidak tahu kedudukan Sayyidna Umar. Siapa yang tidak tahu Sayyidina Usman bin Affan yang Nabi sangat mencintainya.

Yang di katakan oleh Nabi seandainya saya punya putri perempuan meninggal lalu ada lagi meninggal 40 perempuan di nikahi  oleh Sayyidina Usman saya senang..

Ada Sayyidina Ali, ada Thalhah, ada Saad bin Abi Waqqash, ada Abu Ubaidah ada orang yang 10 di jamin Surga dan di suruh Taubat sama Allah Swt. Melalui lisan Nabi Muhammad Saw. (la’allahum tuflihun) agar supaya kalian (tuflihun) tuflihun ini kalimat dalam bahasa Arab al-falah. Alfalah itu artinya kebaikan dunia dan akhirat/keberuntungan dunia akhirat.

Kata ulama alfalah tidak ada keunggulan atau keberuntungan di dunia akhirat yang lebih unggul dari pada kalimat alfalah. Mudah-mudahan kita jadi orang yang muflihin Insya Allah.

Makanya dalam azan di sebutkan setelah Hayya ‘alassholah adalah Hayya ‘alal Falah karena kedudukan yang istimewa setelah orang sholat ya kalimat Falah. Makanya di serunya Hayya ‘Alal Falah. Allahummaj’alna minal muflihin.

وَتُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ ٱلْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Ayat selanjut nya Allah Swt berfirman :

وَّاَنِ اسۡتَغۡفِرُوۡا رَبَّكُمۡ ثُمَّ تُوۡبُوۡۤا اِلَيۡهِ

Dan hendaklah kamu memohon ampunan kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya

Jadi istighfar sama Taubat beda apa sama? Kalau sama hanya satu kalimat tapi Allah Swt gandeng, ada Istighfar ada Taubat. Makanya kata Ulama Istighfar sama Taubat berbeda. Kalau Istighfar bisa di sebut doa, istighfar bisa di sebut zikir tapi kalau Taubat bukan Zikir, Taubat bukan Doa, Taubat itu penyesalan ,perjanjian diri kepada Allah Swt agar tidak mengulangi lagi itu namanya Taubat. Kata Ulama Istighfar itu memperbaiki keadaan yang lalu tapi kalau Taubat untuk memperbaiki yang kemarin ketika dia berdosa dia ingat Ya Allah saya bertaubat dan saat itu dia berhenti dengan perbuatan dosanya yang saat ini dan yang akan datang dan bertekad tidak mau mengulangi nya lagi, itu namanya Taubat.

Makanya Allah Swt letakan dalam surat ini  surat Hud, ada Istigfar ada Taubat, kenapa? Karena Istighfar dan Taubat berbeda. Tidak ada Manusia yang suci di dunia ini kecuali Rasulullah Saw. Para Anbiya dan Mursalin mereka tidak mempunyai dosa tapi selain para Nabi para Rasul pasti punya dosa. Semua punya dosa,mau laki mau perempuan, dan sebaik baik orang yang mempunyai dosa itu kata Nabi yang meminta ampun kepada Allah Swt atau bertaubat. Semuanya kotor dan yang bersih itu hanya para Nabi dan Rasul. Maka nya kita di anjurkan untuk senantiasa bertaubat.

وَّاَنِ اسۡتَغۡفِرُوۡا رَبَّكُمۡ ثُمَّ تُوۡبُوۡۤا اِلَيۡهِ يُمَتِّعۡكُمۡ مَّتَاعًا حَسَنًا

Dan hendaklah kamu memohon ampunan kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya, niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu

Ini ayat lanjutannya kalau orang rajin beristighfar rajin bertaubat janji Allah apa buah dari Istighfar dan Taubat Allah Swt bakal kasih kepada kita kehidupan yang nyaman. Saudara tau atau tidak yang namanya kehidupan bahagia? Kehidupan bahagia itu dia kerja tidak terlalu capek tapi rizkinya cukup. Kerja nya liat Hp dapet Fulus dan fulusnya halal. Punya bini membawa tentram, punya anak membawa tentram di kasih kedudukan sama Allah Swt membawa tentram jiwanya. Punya tetangga baik, ibu bapaknya rukun, anak-anak nya Soleh. Itu namannya kehidupan bahagia. Mudah-mudahan bahagia dunia dan akhirat.

Barang siapa beramal soleh baik laki maupun perempuan selagi dia beriman kepada Allah Swt pasti Allah Swt akan kasih kehidupan yang bahagia. Nah ini yang di maksud

وَّاَنِ اسۡتَغۡفِرُوۡا رَبَّكُمۡ ثُمَّ تُوۡبُوۡۤا اِلَيۡهِ يُمَتِّعۡكُمۡ مَّتَاعًا حَسَنًا

Ada di surat Hud juga ayat nya hampir mirip yaitu ketika Nabi Allah Hud berkata kepada kaumnya. Jadi kaumnya ini ngeluh kepada Nabi Hud karena paceklik tidak turun-turun hujan. Mereka mempunyai hewan ternak tidak bisa makan dan akhirnya mereka datang kepada Nabi Hud

وَيٰقَوۡمِ اسۡتَغۡفِرُوۡا رَبَّكُمۡ ثُمَّ تُوۡبُوۡۤا اِلَيۡهِ يُرۡسِلِ السَّمَآءَ عَلَيۡكُمۡ مِّدۡرَارً

 Dan (Hud berkata), “Wahai kaumku! Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya).

Taubat Nasuh itu kalau bahasa mudah nya taubat yang sungguh-sungguh. Kalau bahasa nya Sayyidina Umar bin Khattab ketika di Tanya Taubat Nasuh itu apa wahai Amirul Mukminin. Kata Sayyidina Umar Taubatan Nasuh itu seseorang minta ampun sama Allah Swt dari perbuatan busuk yang dia kerjakan, tingkah laku yang keji yang dia lakukan lalu bertekad tidak mengulangi nya lagi. Itu namanya Taubatan Nasuha. Jadi Taubat itu ada Taubatan Nasuha. Iya karena ada Taubat Sambel. Taubat Nasuha itu ketika dia bertaubat dia berjanji dengan semaksimal mungkin tidak akan mengerjakan perbuatan dosa lagi. Mudah-mudahan kita bertaubat dengan Taubatan Nasuha. Karena orang yang Taubat ini di sayang sama Allah Swt.

Makanya kita di ajarkan oleh Allah Swt melalui Rasul Saw agar sering bertaubat, kenapa? Karena Allah Swt sayang dengan orang yang bertaubat. Percuma kita ngaji kalau tidak taubat, percuma kita sholat kalau tidak bertaubat, percuma kita puasa Ramadhan kalau kita bertaubat. Kalau kita lihat dari tadi perintahnya Fi’il Amr nih yaitu wajib. Berarti kalau orang yang tidak Taubat dia berdosa. Sudah perintah dari Allah Swt orang yang bertaubat juga pasti di sayang sama Allah Swt.

وَٱللَّهُ يُرِيدُ أَن يَتُوبَ عَلَيْكُمْ وَيُرِيدُ ٱلَّذِينَ يَتَّبِعُونَ ٱلشَّهَوَٰتِ أَن تَمِيلُوا۟ مَيْلًا عَظِيمًا

Dan Allah hendak menerima taubatmu, sedang orang-orang yang mengikuti hawa nafsunya bermaksud supaya kamu berpaling sejauh-jauhnya (dari kebenaran).

Makanya kalau kita di takdir sama Allah Swt menjadi orang yang rajin bertaubat berarti kita orang yang di sayang sama Allah Swt. Dalam ayat yang lain

أَفَلَا يَتُوبُونَ إِلَى ٱللَّهِ وَيَسْتَغْفِرُونَهُۥ ۚ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Maka mengapa mereka tidak bertaubat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya?. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Makanya saudara kalau kita mau di sayang sama Allah Swt perbanyak lah Taubat dan jangan tunda Taubat dan hikmahnya karena kita itu terkadang lupa atau tidak sadar ketika kita berbuat dosa. Kita beranggapan ini tidak dosa padahal dosa makanya kita di suruh rajin Taubat setiap waktu. Makanya kita dia ajarkan sama guru-guru kita setiap hari ada sholat sunnah Taubat. Setiap malam sebelum kita tidur di suruh sholat sunnah Taubat. Kalau kita mandi pagi sore jangan niat hanya basahin badan dan dinginin badan tapi niat mandi sunnah taubat.

Imam ghazali di dalam bidayatul hidayah mengajarkan kalau orang hari jum’at mau sholat jum’at niat nya ada 3. Yang pertama niat mengqodho mandi-mandi sunnnah yang sudah di tinggalkan yang kedua mandi niat untuk melaksanakan sholat jum’at dan yang ke 3 niat mandi sholat sunnah taubat.

Karena kadang kala kita tidak sadar makanya di suruh buru-buru taubat.

إِنَّمَا ٱلتَّوْبَةُ عَلَى ٱللَّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ ٱلسُّوٓءَ بِجَهَٰلَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِن قَرِيبٍ فَأُو۟لَٰٓئِكَ يَتُوبُ ٱللَّهُ عَلَيْهِمْ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

وَلَيْسَتِ ٱلتَّوْبَةُ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ ٱلسَّيِّـَٔاتِ حَتَّىٰٓ إِذَا حَضَرَ أَحَدَهُمُ ٱلْمَوْتُ قَالَ إِنِّى تُبْتُ ٱلْـَٰٔنَ وَلَا ٱلَّذِينَ يَمُوتُونَ وَهُمْ كُفَّارٌ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ أَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا

Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan: “Sesungguhnya saya bertaubat sekarang”. Dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih.

Taubat itu adalah buru-buru. Ente habis ghibahin orang langsung istighfar, ente habis ngadu domba orang istighfar, ente habis melakukan hal apapun yang melanggar perintah Allah Swt disitulah ente buru-buru bertaubat dan Allah Swt bakal mengampuni dosa selagi orang itu mau minta ampun sama Allah Swt.

Kita masuk ke hadist bab pertama dari pada bab taubat.

“saya mendengar baginda Rasulullah Saw beliau bersabda: demi Allah Swt sesungguhnya aku akan meminta ampun kepada Allah Swt dan bertaubat kepada nya dalam sehari lebih dari 70 kali saya beristighfar meminta ampun kepada Allah Swt.”

Coba, bagaimana tidak suci itu Rasulullah Saw. Manusia sempurna, manusia bersih, manusia paling suci, manusia paling indah, manusia paling di sayang sama Allah Swt, manusia yang terbebas dari kekurangan, manusia yang tidak pernah melakukan dosa .mungkin kita dari pagi sampai sekarang belum taubat. Mungkin ada di antara kita muslimin dan muslimat ada yang 2 hari belum taubat. Beristighfar itu singkat.

Kalau kata Nabi di sini Nabi sedang bersumpah dan sumpah itu tidak boleh di mainkan tapi kenapa di sini Nabi bersumpah? Karena ini urusan nya urusan luar biasa dan Nabi berarti tidak pernah meniggalkannya dan Nabi berharap kita mendengarkan.

Kita kalau praktekan itu saudara istighfar 70 kali kurang dari satu menit. Yang punya tasbih bisa pegang tasbihnya. Ente hitung pakai tangan ente dan ente liat detik nya di jam ente.istighfar 70 kali kurang dari 1 menit. Ente baca istughfar 10 menit dapat 1000 kali. Berarti kalau ente baca satu jam ente dapat 6 ribu. Saya pernah ketemu orang setiap hari baca istighfar setiap hari dapat 30.000. sekarang tinggal kita nya mau atau tidak. Tuh istighfar enteng tuh. Bib ane mau yang berat-berat,jangan deh. Istiqomahin aja sehari 1000 kali. Hanya 10 menit, ente megang hp kuat bisa setengah jam. Ente rajinin tuh pegang tasbih pagi, siang, sore, malam tinggal mau atau tidak.

Kata Nabi kalau orang baca Sayyidul Istighfar di pagi hari lalu meninggal dunia di hari itu tempatnya surga. Kalau di abaca di sore hari malam nya meninggal tempatnya surga.

Tengah malam sebelum subuh lain lagi istighfar nya.. intinya kata Nabi beruntung kalau ada orang di hari kiamat lembaran amal nya di lihat pagi istighfar,siang istighfar sore istighfar malam istighfar seperti itu hidupnya. Ada orang pagi hp siang hp sore hp malam hp. Tinggal kita nya mau atau tidak beristighfar lalu kemudian

Dari sahabat Rasul yang sebagian orang mengatakan beliau ini sahabil jalil seorang sahabat yang bernama aghor bin yassar almuzni ada yang bilang aljuhani. Wallahu alam tapi sebagian besar mengatakan ini sahabat. Semoga Allah Swt meridhoinya dan kita mendapatkan barokahnya.

Rasul bersabda: wahai sekalian manusia bertaubat lah kepada Allah Swt, minta ampun kepada nya dengan beristighfar. Sesungguhnya saya ini bertaubat kepada Allah Swt dalam sehari 100 kali.

Ini Nabi manusia bersih tidak mempunyai dosa sehari 100 kali taubat sama Allah Swt. Taubat itu luas, bib saya mau sholat sunnah taubat silahkan. Dari mulai pagi sholat sunnah isyraq bisa kita gabungkan dengan niat sholat taubat, sholat sunnah dhuha juga bisa di gabung dengan sholat sunnah taubat niatnya, sholat sunnah qobliyah zuhur juga bisa di gabungkan dengan niat sholat taubat, sholat sunnah ba’diyah zuhur juga bisa di gabungkan niatnya dengan sholat sunnah taubat, sholat sunnah qobliyah asar bisa di gabungkan dengan niat sholat sunnah taubat, sholat sunnah qobliyah magrib bisa di gabubngkan dengan niat sholat sunnah taubat, sholat sunnah awwabin bisa di gabungkan dengan niat sholat sunnah taubat, sholat sunnah ba’diyah isya bisa di gabungkan dengan niat sholat sunnah taubat, sholat witir bisa di gabungkan dengan niat sholat sunnah taubat, tinggal kita mau atau tidak. Jika kita mandi niat mandi  sunnah taubat. Beruntung orang yang banyak taubatnya yang banyak istighfar kepada Allah Swt.

Saudara hadirin-hadirat yang di rahmati oleh Allah Swt ingat yah, taubat itu yang di cari apa sih? Taubat itu yang di cari ampunan. Bahasa arabnya maghfiroh artinya di tutup, jadi kalau ada dosa di tutup sama Allah Swt. Itu yang di cari dari manusia pertama yaitu Nabi Adam, manusia kedua Sayyidatuna Hawa. Jadi manusia pertama yang ada di surga Nabi ada bersama istrinya ini permohonan pertama ya minta ampunan. Tidak minta panjang umur. Tidak minta kaya, tidak minta naik pangkat tapi yang di minta sama Nabi adam dan Sayyidatuna hawa yaitu Maghfiroh dan ampunan. Ketika Nabi Adam bersama istrinya mendapat teguran karena memakan buah khuldi di surga dan di tegur sama Allah Swt lalu di pindah, bukan di buang ya? Tapi di pindah, hikmah dari Allah Swt untuk bangsa manusia yang bernama Nabi Adam beserta istrinya dari surga ke bumi Nabi Adam itu menangis ada yang bilang 40 tahun ada yang bilang 40 hari itu di surga doa permohonan pertama

“Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“
Artinya: Ya Allah, kami telah mendholimi pada diri kami sendiri, jika tidak engkau ampuni kami dan merahmati kami tentulah kami menjadi orang yang rugi.

tuh, saking mahal nya yang namanya maghfiroh dan ampunan. Maghfiroh dan ampunan tidak bisa kita dapat kecuali kita minta sama Allah Swt. Jadi kalau ente minta dan bertaubat sama Allah Swt baru di kasih sama Allah Swt. Dari mana dalil nya?

Di sebutkan di dalam hadist qudsi: sungguh saya tetep akan saya kasih ampunan kepada siapapun selagi dia minta.

Itu riwayat dari mana bib? Itu riwayat ketika Allah Swt melaknat iblis. Jadi iblis ini bendahara surga. Malaikat jibril dan malaikat isrofil waktu belihat iblis di laknat sama Allah Swt nangis. Kenapa? Ini iblis ada 2.

Kata Imam ghozali di sebutkan di dalam ihya ulumuddin ibadah iblis itu 80.000  tahun. Ada lagi ulama mengatakan ibadahnya iblis  185 tahun di surga. Sampai terkenal ini iblis  setiap langit dan di langit pertama di sebut al-abid atau ahli ibadah. Langit kedua ahli taqwa dan iblis ini sudah muterin arsy nya Allah Swt untuk beribadah. Makhluk Allah Swt paling ganteng iblis. Dan iblis ini selalu di banggakan oleh malaikat karena ibadah nya bisa mengalahkan malaikat karena tidak pernah tidur dan tidak pernah capek.

Makanya ketika di usir oleh Allah Swt ketika tidak mau sujud kepada Nabi Adam dan semua sujud kepada Nabi Adam dan Malaikat pun sujud kepada Nabi Adam pas malaikat bangun mengangkat kepala dari sujud nya iblis tidak mau sujud. Maka malaikat sujud lagi untuk yang ke dua  kalinya kepada Nabi Adam dan tetep iblis tidak mau sujud. Namanya juga setan. Keluarlah kamu wahai iblis terlaknat kamu di usir sama Allah Swt. Iblis tidak takut bahkan membangkang. Baik saya di usir dari sorga 18500 tahun saya sujud kepadamu cuman gara-gara saya tidak mau sujud sama Adam saya di keluarkan tapi beri saya kesempatan agar saya bisa masuk ke bumi tanpa sembunyi agar saya bisa menggoda manusia dari darah yang mengalir di tubuh manusia. Setiap anak adam melahirkan tolong lahirkan juga anak cucu saya 2 kali lipat. Dan itu di dalam riwayat di kabulkan oleh Allah Swt sampai berjanji saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk mengganggu anak cucu adam dari kanan,kiri depan belakang atas bawah. saya akan ganggu terus dan saya akan membuat mereka tertipu semuanya.

Kata iblis berikan saya umur yang panjang dan iblis itu tidak ada yang umur nya pendek ribuan tahun umurnya iblis karena itu kesempatan. Kalau ada yang lahir manusia maka akan lahir setan dua kali lipatnya. Tujuan nya ingin menjerumuskan manusia . lalu apa jawaban Allah Swt tetep kalau mereka meminta ampun para hamba-hambaku yang terlena kepada iblis, terkena jebakanmu kalau mereka minta ampun akan saya beri ampunan. Lihat lah rahmat Allah Swt selagi kita mua. Makanya jangan tunda-tunda taubat karena taubat itu ibadah mulia.

Tidak semua orang bisa bertaubat karena taubat itu ibadahnya para Nabi, obat hati, ini hati kotor dengan dosa dan dosa itu bisa terhapus dengan minta ampun sama Allah Swt cara dengan taubat dan istighfar.

Nabi bersabda: hati ini bisa karatan kayak besi, lalu sahabat bertanya, ada penawarnnya atau tidak wahai Rasulullah? Lalu Rasulullah menjawab, penawarnya adalah istighfar.

Hadirin-hadirat saya katakan istighfar itu adalah ibadah nya para Nabi. Nabi Nuh menangis. Kenapa? Karena setiap hari susah payah berdakwah tapi anaknya membangkang. Dalam riwayat namanya kan’an. Ketika nabi Nuh selesai bikin perahu lalu semua orang yang beriman sudah di angkut dan yang beriman itu dalam dakwahnya nabi Nuh dalam waktu 900 tahun pengikutnya hanya 90 orang. Lalu Nabi Nuh sudah naik ke atas perahu kemudian air muncul dari langit dan bumi dan bumi mulai tenggelam dan Nabi Nuh melihat orang-orang yang membangkang itu mulai tenggelam di situlah Nabi Nuh kaget. Kenapa? Karena beliau melihat anak nya tidak ikut.

Wahai anakku kemarilah.lalu anaknya menolak. Anaknya berkata saya tidak perduli wahai ayah saya tidak mau ikut ajaranmu saya akan naik ke atas bukit yang sangat tinggi supaya saya tidak terkena air. Lalu kata Nabi Nuh tidak ada yang bisa melindungi kamu dari murka nya Allah Swt, cepatlah naik. Tetep itu anak membangkang sampai ombak semakin besar sampai menutupi bukit maka di situ Nabi Nuh memohon kepada Allah Swt. Ya Allah anakku memang tidak beriman, dia tidak sujud kepadamu akan tetapi dia keluargaku dan anakku ya Allah Swt. Di situ Allah tegur Nabi Nuh. Wahai Nuh kenapa engkau meminta sesuatu yang engkau tidak ketahui? Apakah kamu merelai kebodohanmu? Maka Nabi Nuh menangis selama 40 tahun dan beristighfar.

Doa Nabi Nuh: ya Allah kalau saya tidak di ampuni tidak di sayangi saya menjadi hamba mu yang merugi.

Makanya sehebat apapun ibadahnya manusia biasa tidak bisa menandingi ibadahnya para Nabi.
Nabi Musa melihat ada orang berkelahi yang satu orang mesir yang satu orang bani israil dan Nabi Musa orang bani Israil. Ketika Nabi Musa melihat ada yang berkelahi di pukul lah orang mesir lalu wafat lah orang yang di pukul Nabi Musa. Lalu Nabi Musa kaget. Dalam riwayat Nabi Musa menangis sampe 80 tahun. Ya Allah saya sudah menzolimi anggota tubuh saya dengan dosa.ampuni saya ya Allah dan akhirnya Allah Swt mengampuni Nabi Musa.

Tapi ini nya contoh Nabi kita Muhammad Saw. Nabi sendiripun di suruh oleh Allah Swt beristighfar, bertaubat. Minta ampunlah engkau wahai Muhammad akan kesalahanmu. Maksudnya agar di angkat derajat nya sama Allah Swt dan himbauan untuk ummat nya agar kita rajin-rajin minta ampun. Nabi praktekin terus sampai Nabi sakit Nabi istigfar nya bukan untuk diri nya sendiri lagi. Pada suatu malam di akhir-akhir Nabi ingin wafat Nabi pergi ke pekuburan baqi lalu Nabi berdiri di atas pekuburan Baqi lalu Nabi beristighfar minta ampun kepada Allah Swt untuk para ahli kubur.

Makanya kita kalau istighfar tidak cukup untuk diri sendiri tapi istighfar juga untuk kaum muslimin dan muslimat. Mungkin kita cukup dua hadist tapi saya tambahkan. Cukup satu keutamaan orang yang banyak istighfar. Nabi sudah berjanji orang yang melazimi istighfar Allah gantikan kesumpekannya dengan kemudahan dan Allah akan kasih kebahagiaan dan Allah Swt akan beri rizki dari jalan yang tidak dia duga-duga.

Ada orang datang kepada Imam Hasan Al-Bashri. Wahai Imam, ini sudah tidak turun hujan 2 tahun, hewan ternak mati tidak ada tumbuh-tumbuhan lalu kata Imam Hasan Al-Bashari mengatakan banyakin Istighfar. Adalagi yang bertanya, wahai Imam Hasan Al-Bashri saya menikah sudah lama tapi belum mempunyai anak, tolong berikan saya amalan lalu Imam Hasan Al-Bashri mengatakan banyakin baca istighfar. Lalu ada lagi seorang Faqir datang kepada Imam Hasan Al-Bashri dan imam hasan al bashri langsung meyuruh untuk membaca istighfar. Akhirnya salah satu murid nya bertanya kepada Imam Hasan Al-Bashri, wahai Imam, kenapa tidak turun hujan engkau menyuruh baca istighfar, orang tidak punya anak engkau suruh baca istighfar dan rizki sulit engkau suruh baca istighfar? Lalu Imam Hasan al Bashri menjawab: ente tidak baca Qur’an

Allah Swt berfirman :   فَقُلْتُ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارًا

maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-,

يُرْسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا

niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat,

وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَٰلٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّٰتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَٰرًا

dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai

orang yang banyak istighfar Allah Swt akan lancarkan rizki nya, yang tidak punya anak Allah Swt beri keturunan yang sedang resah Allah Swt beri kebahagiaan dan mudah-mudahan keberuntungan bukan hanya di dunia tapi beruntung juga di akhirat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.