`Tabligh Akbar Majelis Rasulullah Saw

23 September 2019

Al-Habib Umar bin  Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syekh Abu Bakar bin Salim

          Alhamdulillah segala puji dan Syukur kita panjatkan kepada Allah Swt pujian yang utama yang mulia yang patut bagi Allah Swt dan keagungan karunia nya dan keagungan pemberiannnya. Tiada Tuhan selain Allah Swt yang maha esa dan tiada sekutu baginnya. Di Tangannya lah segala urusan dan segala perkara semuanya kembali kepada Allah Swt dan tidak ada yang paling lezat melainkan kalau kita bisa memahami ruh kita tentang itu dan tidak ada yang lebih mulia di sisi Allah dari sekian makhluk melebihi Nabi Muhammad Saw dan dengan kebesaran dan keagungan Allah Swt dan dengan keagungan Nabi Muhammad Saw kita di kumpulkan. Siapa gerangan yang mengumpulkan kalian? Siapa yang mendatangkan kalian? Siapa yang memberikan Taufik untuk kalian bisa hadir ke Majelis ini? 

         Seandainnya seluruh penghuni Bumi berupaya untuk menghadirkan seseorang yang Allah tidak mau dia hadir di sini maka tidak akan dapat orang itu hadir di tempat ini. Maka Allah Swt dengan zat nya yang menghadirkan kalian di tempat ini. Allah Swt yang maha agung mendatangkan kalian di tempat ini. Maka benar Allah yang maha esa yang menghadirkan kita. Semua yang mengalir di dalam benakmu dari tekad untuk hadir dan kekuatan yang ada pada tubuhmu hingga engkau dapat hadir semuanya adalah dengan izin dan kemauan dan dengan kehendaknya. Dialah Allah Swt yang menghadirkan kalian dengan karunia nya. Mengapa Allah menghadirkan kalian di sini? Mengapa kalian di datangkan di tempat ini? Ini adalah rahasia-rahasia kehendak dan kekuatan Allah Swt dan inilah rahasia-rahasia dari kehendak Allah Swt di tengah-tengah manusia dan apa yang di lakukan oleh Allah Swt tidak ada yang sia-sia. Tidak ada yang di kehendaki oleh Allah Swt sia-sia. Mengapa Allah menghadirkan kalian? Kenapa kalian di datangkan di tempat ini? Dia sendiri yang maha agung Allah Swt. walaupun ketika engkau datang ketempat ini di arak oleh para Malaikat sebab kalian mendatangi Majelis ilmu akan tetapi semuanya adalah Taufiq dan izin dari Allah Swt. 

         Allah Swt yang sangat agung yang tidak akan di pahami keagungannya yang begitu besar telah menghadirkan kalian di Majelis ini. Apakah engkau dapat membayangkan ini? Apakah kalian bisa merasakan hal ini? Apa hikmah dari Allah yang maha besar? Kenapa kalian di datangkan di tempat ini? Dan Allah dialah yang mendatangkan kalian. Siapa itu Allah Swt? Allah yang menghadirkan manusia yang terdahulu dan yang akan datang semuanya di panggung Kiamat. Maka akan di bagi 2 kelompok. Kelompok yang ada di dalam Surga dan kelompok yang ada di dalam Neraka dan ahli surga adalah kelompok-kelompok dan penghuni Neraka mereka gelombang demi gelombang kelompok demi kelompok. Apakah kelompok-kelompok ini? Yang menghadirkan mereka di dalam kelompok-kelompok di dunia Allah Swt kumpulkan mereka di padang kiamat dan kelompok yang ada di dunia ini akan di bagi 2 mereka yang kelompok sebagai ahli Surga dan kelompok yang lain sebagai ahli Neraka. 

         Sebuah perkumpulan yang tidak memiliki tujuan dan misi dalam harta ataupun hal-hal yang fana apapun itu hal-hal duniawi bagaimana kira-kira pendapatmu dengan perkumpulan yang semacam ini? Dan orang yang hadir dengan benar benar setulus hati bagaimana nanti mereka di hadirkan dengan orang-orang yang sangat tinggi derajat nya di sisi Allah Swt? yang menghadirkan kita adalah yang maha agung dan maksud tujuannya sangat agung. Maka intropeksi lah bagiamana kita bersungguh-sungguh menjalankan kesungguhan agar kita mencapai hal-hal yang agung yang di siapkan oleh Allah Swt yang maha agung. Ajakan-ajakan dari hawa nafsu dan ajakan-ajakan dari Syaithon dari Manusia dan Jin mereka akan mengajak  kita kepada kelompok-kelompok yang rendah dan hina. 

         Di antaranya adalah kumpulan-kumpulan atas nyanyian dan lagu-lagu dengan lirik-lirik yang tidak baik. Demikian pula perkumpulan yang memandang kepada yang menghinakan ataupun jjuga kumpulan dalam merangka menghina dan merendahkan ayat-ayat Allah Swt. demikian pula perkumpulan yang di lakukan dengan menghinakan hamba-hamba Allah Swt atau yang membahayakan hamba-hamba Allah Swt ataupun perkumpulan yang bertentangan dengan syariatnya Allah Swt dan itulah perkumpulan yang akan menjadikan mereka kelompok-kelompok yang menjadi penghuni Neraka syair di hari kiamat. Sesungguh nya Allah Swt yang membuat kalian berpaling dari kumpulan-kumpulan yang buruk itu semua dan mendatangkan kalian di perkumpulan yang baik ini semata-mata anugrah dari Allah Swt. maka bersungguh-sungguh lah kalian menghadirkan hati bersama Allah Swt. sebab di hari kiamat kelak tidak ada yang bisa memberi manfaat kecuali kesungguhan dan ketulusan kita. 

         Allah berfirman: ini lah hari yang akan bermanfaat orang-orang yang sungguh-sungguh dengan kesungguhannnya. Bagi mereka Surga yang mengalir di bawah  nya sungai-sungai. Mereka akan kekal abadi selama-lamanya. Allah ridho atas mereka dan mereka ridho kepada Allah Swt. 

         Allah Swt ridho kepada mereka dan mereka ridho kepada Allah Swt. hadirkan hatimu dan renungi kalimat ini. Allah Swt ridho kepada mereka dan mereka ridho kepada Allah Swt. Allah Swt ridho kepada mereka dan merekapun ridho kepada Allah Swt. itulah keberuntungan yang agung. Ini lah keberuntungan yang agung. 

         Ya Allah jadikan kami semua yang hadir di perkumpulan ini dan semua yang mendengarkan acara ini termasuk orang-orang yang meraih keberuntungan yang besar. Ya Allah jadikanlah kami yang hadir dan orang yang mendengarkan dan siapa saja mereka mendapatkan kejayaan yang agung. Sesungguhnya kerajaan langit dan bumi milik Allah dan dengan isi nya pula dan Allah maha kuasa dengan segala sesuatunya. Wahai Allah tuhan kami pemilik kerajaan langit dan bumi dan segala isinya dan Allah maha kuasa atas segala sesuatu. 

         Jadikanlah kami semua yang hadir di sini dan para pendengar acara ini dan orang-orang yang membela hal ini semuanya sebagai orang-orang yang beruntung. Kalian telah di beri Taufiq untuk hadir dan kalian di beri kekuatan Taufiq untuk berdoa dan kalian telah keluar di jalan Allah dan telah ada Hadist Shohih sesungguhnya Nabi Muhammad Saw telah bersabda: barang siapa yang berjalan dalam merangka mencari ilmu maka dia berada di jalan Allah sampai dia kembali kerumahnya dan kamu semuanya telah belajar dan kalian telah mendengar dan kalian telah berzikir dan kalian di ingatkan dan mengingat Allah. Kamu telah membaca Tasbih dan memuji Allah Swt dan membaca Laailahailallah dan kalian bersama-sama memberi salam kepada Nabi Muhammad Saw dan kamu bersholawat kepada beliau dan kalian berdoa kepada Allah dan kalian berharap kepada Allah dan kalian mengemis kepada Allah dan kalian memilki maksud kepada Allah dan kalian munajat kepada nya dan kalian berbicara kepada Allah dan Allah lebih dekat kepada setiap individu dari kita lebih dari pada urat leher nya sendiri. Maka bersungguh-sungguh lah kalian dalam bertawajjuh kepada Allah dan bertekadlah untuk taat kepada Allah dengan hati kalian dan dengan seluruh anggota tubuh kalian dan ini adalah lambang kesungguhan kepada Allah Swt. 

         Setelah kalian mendapat kenikmatan yang begitu besar jangan lah kalian mau di ajak oleh godaan hawa nafsu syaithon untuk berbuat maksiat dan dosa tidak dengan hati dan anggota tubuh kalian. Anggota tubuh yang telah di anugrahkan Allah untuk kalian. Maka jangan kalian menentang Allah dengan memakai nikmat nya. Wahai zat yang menciptakan mata wahai Allah yang mengetahui lirikan mata yang berkhianat ampunilah mata kami dan semua yang hadir karena memandang pandangan yang buruk dan jagalah mata ini di sisa umur kami. Jangan lah di gunakan mata ini untuk kemaksiatan. Jangan kau hinakan mata kami untuk kemaksiatan. Ya Allah persiapkan lah mata kami untuk memandang wajah para Nabi dan para wali-wali dan para orang-orang Soleh dan orang-orang yang mati Syahid di jalanmu dan untuk bisa memandang surga agar mata ini di muliakan untuk bisa memandang wajahmu yang mulia. 

         Jagalah mata kalian. Kita mempunyai rencana untuk kumpul bersama di akhirat. Bersiap-siaplah untuk kita bisa berkumpul di sana. Apakah kalian terjegal dari kumpul bersama di akhirat hanya karena sesuatu yang kecil suatu Handphone.? Atau pandangan yang hina? Aku sungguh khawatir kepada engkau wahai saudaraku. Renungkanlah dan pikirkanlah karena pemikiran inilah yang menjadi intisari dalam ibadah. Janganlah kau hilangkan hal yang agung hanya karena hal yang kecil. Janganlah kalian kehilangan kesempatan untuk mendampingi Nabi Muhammad Saw dan para sahabat. Bersungguh-sungguhlah kalian bersama Allah. Tinggalkanlah khianat-khianat mata. Janganlah kalian memandang seorang Muslim dengan pandangan yang rendah. Janganlah memandang dunia dan isi nya.

         Jangan pernah mengagungkan kekafiran dan kejahatan dari arah kalian dengan cara bersenang-senang ataupun memuji dari pada hal-hal yang hina tadi. Agungkan segala keburukan karena itu kedzoliman yang dahsyat atau di sebabkan karena rasa dari sisi karena itu merupakan kesialan yang terbesar. Janganlah kalian mengagungkan kecuali dengan syiar-syiar nya Allah dan syiar-syiar Allah adalah lambang-lambang agama dan lambang agama yang paling besar adalah para Nabi dan para Rasul dan Ka’bah yang mulia dan Al-Qur’an yang agung. Ambil bagianmu dari Al-Qur’an dan hendak nya kalian berdiskusi dan merenungkan Qur’an. Jangan memboikot kitab Allah. Jangan kalian jauh dengan kalam Allah. Sebab itu adalah cahaya dan di dalam nya banyak karunia dan kebaikan dan sholat 5 waktu merupakan Syiar-syiar Allah yang terbesar juga dan kalian tadi telah di ingatkan untuk menjaga sholat 5 waktu. Serta melaksanakan sholat 5 waktu berjamaah. Orang yang sholat dengan siwak sesungguhnya 70 kali lipat di bandingkan orang yang sholat tanpa bersiwak. Apakah mereka mengajarkan kita untuk memiliki dari pada benda elektronik yang baru-baru tetapi kita tidak di ajarkan untuk menggunakan siwak? 

         Hendak nya kalian betul-betul menghindarkan untuk menjadi pengikut yang hina dan segala hal yang tidak di cintai oleh Allah Swt yang maha besar maka dia adalah sesuatu yang hina. Renungkanlah bagaimana sifat-sifat manusia yang tertinggi yang dahulu. Allah Swt berfirman di dalam sifat mereka. Sesungguh nya Allah Swt telah memberikan kecintaan iman dan hiasi di dalam hati-hati kalian dan Allah Swt membuat kalian benci kepada kefasikan, kekafiran dan kejahatan. Merekalah orang-orang yang telah mendapatkan petunjuk anugrah dan nikmat dari Allah Swt. sesungguh nya Allah maha mengetahui dan maha bijaksana. Wahai yang maha mengetahui dengan penuh hikmah. Tegakanlah karuniamu sebagaimana telah engkau berikan kepada para pendahulu kami dari sahabat-sahabat Nabi mu dan keluarga nya dan kumpulkanlah kami bersama kelompok beliau dan kokohkan langkah kaki kami di jalan mereka. Sesungguh nya di alam ini banyak pikiran-pikiran yang akan mengajak kita nyeleweng dari pada jalan beliau dan pemikiran-pemikiran ini di sodorkan kepada anak-anak kita dan kaum wanita kita untuk mengikuti jalan dan metode mereka dan mereka bukan lah tujuan kita. 

         Sungguh orang yang bodoh yang tergelincir adalah yang mengekor kepada mereka dan menghilangkan dari pada perintah sang pencipta dan dia meninggalkan kesempatan untuk mengikuti kekasih Allah Swt. tidak mungkin orang bisa mencapai kemuliaan tanpa dengan mentaati penciptanya dan sungguh banyak beragam gambaran-gambaran yang memberikan manfaat itu terjadi kepada kamu mukminin. Tetapi hakekat yang sesungguhnya kemuliaan di milki oleh orang-orang yang beriman. Sebagaimana hakekat gambaran duniawi ini segala nikmatnya pada hakekat nya kenikmatan yang sebenarnya yang hakiki adalah kaum mukminin saja. Allah itu mulia namun orang-orang yang munafik tidak menyadari hal ini. Ya Allah berikan pelajaran kepada hati hati ini

         Jangan sisakan di hati ini setitik pun sifat ke nifakan ataupun kebodohan yang menjadikan kita termasuk golongan dari orang-orang munafik. Muliakanlah kami dari pada ketaatan padamu dan kami bisa merendahkan diri kami di hadapan engkau. Perkumpulan ini dengan segala bentuknya  Nampak sekarang di muka bumi. Tetapi mutiara dan berliannya yang sesungguh nya nanti berada di langit. Meraih keridhoan dan kemuliaan dengan ridho nya Allah Swt pencipta langit dan bumi. Saksikanlah wahai malaikat- malaikatku sesungguhnya kami telah mengampuni mereka semuanya. Ini adalah berita yang di sampaikan oleh nabi Muhammad Saw. Dari Allah yang maha benar. Namun lihatlah dan renungi sebuah pemikiran yang murni yang kami sebutkan ini agar kalian mengetahui nya apa tujuan dari pada majelis ini. Jagalah anggota Tubuh kalian dari maksiat. Jangan kalian lepaskan lidah kalian untuk mengucapkan hal-hal yang di haramkan Allah Swt. dari pada kalian melaksanakan Ghibah ataupun mengadu Domba ataupun menggunjing kepada orang dan gantilah dengan berzikir kepada Allah Swt. dan bersholawatlah kepada Nabi Muhammad Saw dan nasehatilah sesama kaum Muslimin dan berikan juga nasehat kepada orang-orang non muslim mungkin dengan berkat nasehatmu Allah berikan dia hidayah dari kekufuran menuju keislaman. Bahwa siapa yang dengan sebabnya akan mendapatkan hidayah satu orang itu lebih mulia lebih baik dari pada onta-onta yang merah. Maka jadilah kalian tentara-tentara yang mengabdi untuk Allah Swt. untuk supaya kalian menjadi tentara-tentara dari pengikut Rasul dan para Nabi. Mereka adalah pemenang sejati dunia dan akhirat dengarkanlah firman Allah Swt. bukan ucapan-ucapan yang rendah dan bukan ucapan manusia. Ucapan Allah Swt. sesungguhnya kami akan menolong Rasul-Rasul kami dan orang-orang yang beriman bersamanya. Di dalam kehidupan di duniawi dan di saat di hari-hari kebangkitan. Di hari yang tidak ada manfaat nya orang-orang yang zolim ketika mereka meminta uzur.

         Berapa banyak pemimpin-pemimpin duniawi kelak di akhirat kamu akan melihat dia sedang menangis. Kamu akan melihat orang-orang yang milyuner di akhirat mereka akan menangis dalam keadaan sedih dan susah. Berapa banyak orang-orang yang di akhirat yang dulu di dunia ketika dia muncul orang-orang bertepuk tangan di akhirat dia minta maaf tidak di maafkan tidak di terima. Hari yang dimana orang-orang yang dzolim tidak akan di terima permintaan maaf nya. Atas mereka laknat dan tempat tinggal yang buruk. Sesungguhnya telah tercatat dan kami tetapkan kepada hamba-hamba kami menjadi utusan. Mereka adalah orang-orang yang di bela dan yang di menangkan Allah. Sesungguh nya tentara-tentara kami lah yang akan menang. Ini ucapan Allah. Yakinlah dan berpegang teguhlah. Sungguh dengan segala kerusuhan,kekacauan yang ada di dunia ini tidak berlalu tahun-tahun melainkan mereka semuanya akan semua orang yang mendustai yang berbuat jahat akan bertekuk lutut dan menjadi hina dan tidaklah orang yang hancurkan dan di hinakan kecuali karena mereka telah menyeleweng dari pencipta langit dan bumi. 

         Jadilah kalian pasukannya Allah Swt. maka kalian akan mendapatkan kecintaan Allah Swt dan renungi peninggalan Nabi Muhammad Saw yaitu sambungan-sambungan silsilah dari kesan-kesan dakwah nya dan Syariat nya beliau. Hingga hati Sayyid Munzir Al-Musawa terkait untung terhubung dengannya dan akhirnya beliau mengawali dengan mengikuti dan mentauladani. Beliau mengikuti dan berpegang teguh terhadap para guru-guru nya. Mengambil sebuah amanah untuk menyambungkan makhluk dengan penciptanya. Memulai Majelis dari jumlah yang sangat sedikit dan di mulai akhirnya cahaya-cahaya hatinya orang yang mendengarkan. Hingga berubah orang yang lupa menjadi ingat. Orang yang ahli maksiat akhirnya Taubat dan menjadi orang yang Taat dan merekapun melanjutkan perjalanannya. Maka kalian ini merupakan tanda-tanda dari hubungan kalian dengan para pewaris nya Nabi Saw 

         Kita kumpul di sini ketentraman dan kedamaian akan Allah turunkan di Majelis ini dan kalian di ingati oleh pera penduduk langit dan itu lebih besar dari pada penduduk Bumi dan sungguh buah dari majelis ini sangat lah besar esok di hari kiamat. Ketika di serukan yang pembawa hukum di hari nanti di hari kiamat dan di panggil oleh Allah Swt mana gerangan orang-orang yang saling mencintai karena aku. Siapa yang duduk karena Allah Swt dimana gerangan orang yang saling berziarah karena aku? Siapa yang saling bantu membantu karena aku? Pada hari ini aku naungkan mereka di bawah naungan Arsyh ku hari tiada tempat bernaung melainkan naungan yang aku siapkan. Semoga kita di sambungkan kepada mereka dan masukan kami di barisan mereka. Maka jadilah tentara-tentara Allah Swt. dengan mengajak selain kalian ajak lah mereka kepada Allah Swt. sucikan dan bersihkan rumah-rumah kalian dari program-program musuh-musuh Allah Swt dan perhatikan hati dan sanubari. Sucikanlah hati kalian dari hal-hal yang tidak di sukai oleh Allah Swt dan jaga anggota tubuh kalian yang tujuh. Mata telinga dan lisan. Serta perut dan kemaluan seta tangan dan kaki. 

         Gunakanlah itu semua untuk ketaatan kepada Allah Swt. sungguh Allah telah memberikan kalian anugrah dengan nikmat Islam dan Iman dan di tengah-tengah kalian juga di jadikan orang yang beriman dan islam kalian berada dalam kelompok Ahlussunnah Wal Jamaah. Tidak ada kesesatan dan kejahatan di dalam jalan yang kalian tempuh. Yang mana kita jauh dari hal-hal mencaci maki sahabat atau mencaci maki dari pada keluarga nya Rasulullah Saw dan jalan yang kalian tempuh tidak ada istilah mengkafirkan kepada sesama kaum mukminin ataupun juga merendahkan mereka ataupun menghalalkan darah muslim lain. Bukan pula program yang merubah dari kurikulum Allah Swt dengan mengambil kurikulum atau pengaruh-pengaruh dari orang-orang kafir. Kalian menempuh dari Mazhab Ahlussunnah dalam fiqih nya mazhab nya Imam Syafii dan kita memiliki mazhab yang satu dalam Aqidah yaitu Mazhab nya Imam As’ari dan kalian menempuh dari pada kesucian hati dan dari pada kebersihan dan Mazhab Ihsan yakni Mazhab dan perjalanan para Ahli Tasawwuf. 

         Maka kalian tetapkan hidup kalian dengan yang seperti itu. Hingga dengan hal yang semacam ini kalian menghadap Allah Swt. maka kita akan kumpul nanti di alam barzakh dan kita berkumpul di padang kiamat di bawah bendera nya Hamd, di telaga nya Rasulullah Saw dan ketika meniti jembatan Shiroth dan tatkala masuk Surga dan kita akan mendapatkan semuanya di dalam Surga dan di saat kita menatap wajah Allah yang mulia kumpulkan kami semua nya Ya Allah yang maha Rahman Ya Rahim dan jadikanlah kami di bagian tersebut wahai pemberi Anugrah. Ya Allah sungguh permintaan ini besar dan semua perkumpulan ini banyak dan dosa kami banyak dan besar akan tetapi walaupun kami banyak dosa dan banyak permintaan dan juga banyak jumlah nya tetapi harapan kami besar dan engkaulah zat yang pasti akan memberikan kami akan keagungannya. Wahai Allah sesungguh nya besar nya dosa kami dan besarnya permohonan kami serta banyak nya kami yang hadir di sini tidak menghalangi kami untuk bersungguh-sungguh untuk berharap kepada anugrah mu yang luas. 

        Tidaklah zat yang bisa mengampuni yang besar kecuali zat yang maha agung juga. Tidak ada yang bisa mengabulkan permohonan yang besar kecuali yang maha besar dan semua yang besar akan merasa hina di depan zat yang maha agung. Berharaplah kepada Allah Swt dan benar-benar bersungguhlah kepada Allah Swt dan minta lah kepada nya. Coba engkau lah renungkanlah bagaimana Al-Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf dengan kondisi beliau yang sepuh dan sakit seperti ini beliau hadir di tengah-tengah kita. Apa gerangan yang memanggil beliau untuk hadir? Karena beliau faham tentang hakikat. Mencari yang mahal dan yang agung dan ulama-ulama itu adalah cahaya untuk kalian. Semoga Allah panjangkan umur beliau dalam keadaan sehat dan Afiyah dan mudah-mudahan kita di beri kemanfaatan besar dari ulama-ulama dan orang Soleh yang masih hidup di tengah-tengah kita dan kalau kau lihat orang Alim engkau akan ingat kepada Allah Swt dan apabila kamu mendengar ucapannya maka akan bertambah iman kalian dan kalau kalian duduk bersama orang Alim  akan bertambah khusyukmu kepada Allah Swt. itulah orang Alim yang sebenarnya dan itu adalah lentera dan itulah sebab turunnya rahmat. 

         Dengan semakiin berkurang nya ulama yang semacam ini maka akan semakin mundur keadaan ummat. Telah kita kehilangan bangsa Indonesia 2 cahaya yang sangat besar bahkan 2 rembulan yang sangat tinggi yang pertama Al-Habib Abdullah bin Abdullah Assegaf dan yang ke dua adalah Syekh Maimun Zubair dan bersama mereka pun juga banyak yang meninggal dari ulama dan Sholihin. Mudah-mudahan Allah beri rahmat beliau dan Allah angkat derajat beliau-beliau dan Allah Swt lahirkan Insya Allah para penerus mereka di Indonesia dan di seluruh penjuru dunia dan mudah-mudahan kita bisa mendapatkan kembali kemanfaatan dari ulama-ulama yang masih hidup dan Allah Swt giring kita kepada hal-hal yang membawa kebaikan dan mudah-mudahan Allah berikan Taufiq kepada Gubernur Jakarta Anies Baswedan agar Allah Swt tambahkan kesungguhan nya kepada Allah Swt, di berikan pertolongan oleh Allah Swt sehingga bisa menjalankan kebaikan dan perbaikan. Semoga Allah Swt memperbaiki keadaan pemimpin dan rakyat nya. Demikian pula pemimpin dan orang yang di pimpin dan pemerintahan serta rakyat dan Allah Swt tidak akan giring terhadap mereka syaithon untuk memprovokasi dan memecah belah mereka. 

         Semoga di jaga di hati kita selamatnya hati kita kepada benci dengan yang lain dan di jadikan setiap individu dari kita sebab untuk meyebarkan rahmat kasih sayang satu sama lainnya. Janganlah kita di jadikan untuk menjadi sebab terjadinya kejahatan dan keburukan di tengah-tengah masyarakat Islam. Sebaik baik manusia yang paling manfaat bagi manusia lainnya. Tidak ada yang lebih dosa setelah syirik kepada Allah Swt yaitu penghinaan dan merendahkan saudara Muslim dan kita juga berdoa untuk seorang yang Sholeh yang meninggal dunia di Yaman yang namanya adalah Al-Habib Abu Bakar bin Husein bin Abdullah Al-Haddar yang mana beliau tadi sholat Subuh berjamaah kemudian kembali ke keluarganya kemudian meng imami lagi sholat Subuh dengan keluarganya dan kemudian meminta untuk berkhidmah kepada ibu nya kemudian ternyata beliau sudah meninggal dunia. Angkat derjat nya di sisimu Ya Allah Swt. jadikan lah kuburannya sebagai taman-taman Surga  dan lahirkan lah penerus nya sebagai penerus yang Soleh. Mudah-mudahan ruh nya di letakkan di dalam Firdaus dan Allah berikan keberkahan untuk keluarga dan anak-anak nya. Mudah-mudahan di rahamti orang-orang yang mati antara kita kepada para hadirin dan orang yang wafat dari para hadirin. 

         Apabila mereka di dalam kenikmatan mudah-mudahan di tambah kenikmatannya. Barang siapa yang di azab dalam kubur nya angkat lah azabnya. Maaf kan mereka Ya Allah. Berikan rahmat pula juga kepada kami apabila kami meyusul kepada mereka. Marilah kita masuk ke dalam tentara nya Allah Swt. besarkan lah harapan kalian kepada Allah Swt. jangan pernah putus asa dalam rahmat nya Allah Swt. berserulah kita memanggil Allah Swt. ucapkan bersama-sama Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah yakinlah bahwa saat ini Allah Swt melihat dan memandang kalian. Kalian tidak akan di kecewakan apabila kalian berharap kepada Allah Swt. Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah sungguh Allah Swt akan memberi dan akan mengampuni orang-orang yang berdosa. Hanya Allah yang bisa membantu kita di dunia dan akhirat. Untuk diri kita dan keluarga kita dan seluruh Muslimin. Mintalah kepada Allah Swt. serulah namanya. Maka kalian akan mendapatkan kemuliaan. Sungguh di dunia jutaan orang mengemis kepada selain Allah Swt dan kalian di muliakan oleh Allah Swt ulurkan lah tangan kalian kepada Allah Swt. merendahlah di hadapan Allah Swt. begitu agung nya tuhan kita. Sungguh betapa dermawan nya Allah Swt. sesungguh nya dia lah Allah. . Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah kasihanilah kami dengan kasih sayangmu. Ya Allah berikan lah apa yang kami harapkan dan kabulkan lah hajat-hajat kami. Sembuhkanlah orang-orang yang sakit di antara kami dan berikanlah kami Afiyah. Kami memohon kepada engkau Husnul Khotimah. Jadikanlah setiap dari Individu di antara kami ketika kami meninggal dunia  dengan ucapan Laailaahailallah dengan betul-betul membaca secara tahqik Laailaahailallah dan kami berkumpul di hari kiamat di dalam kelompok orang-orang yang sempurna yang ahli Laailahailallah Muhammad Rasulullah Saw. Beliau mohon maaf karena ceramah nya yang panjang ini. Namun apa yang kami sampaikan adalah bekal kalian untuk hari yang panjang.