November 29, 2020

Menolak Jodoh

Home Forums Forum Masalah Tauhid Menolak Jodoh

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 19 total)
  • Author
    Posts
  • #78073811
    aby
    Participant

    [color=#008000]Assalamualaikum wr, wb

    Shalawat dan Sallam tercurah selalu untuk junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, serta Salam Hormat dan Kagum saya untuk Habib Munzir yang dimuliakan Allah…..amiin

    Pada bagian terdahulu saya pernah menanyakan perihal masalah dosa dan pahala waris yg sedikit mengganjal pemikiran saya,……..namun setelah mendapatkan penjelasan yang luar biasa gamblang dari habib, saya sangat mengerti dan bersyukur memiliki keluarga yg masih bisa memberikan tuntunan yg tidak menyesatkan di jalan Allah (insyaAllah…) dan sangat berterimakasih atas penjelasan yg habib berikan,…semoga Allah Meridhoi dakwah2 habib amiin

    Pada kesempatan kali ini saya ingin bertanya mengenai soal jodoh…yg sebelumnya saya telah membaca beberapa rubrik pertanyaan di majelis ini yg membahas persoalan jodoh……………

    1. Allah menyuruh kepada hamba-Nya agar selalu berusaha (berikhtiar) atas segala yg ingin didapatkan di dunia….dengan tidak lepas berdoa dan bertawakal pada hasil akhir yg didapatkan…..pertanyaan saya habib : berusaha mendapatkan pasangan hidup apakah bergantung pada keputusan hati atau dengan menikutsertakan pertimbangan pendapat dari keluarga (Ayah,…Ibu..paman..dll)?
    2. Bila segala cara telah dilakukan (tentu saja dengan cara2 yg halal dalam agama islam) kemudian tetap blum mendapatkan jodoh….apa yg harus dilakukan agar jodoh tersebut cepat datang?? berdoapun telah dipanjatkan…dan jawaban yg diterima adalah blum ada pasangan yg mampu mengisi hati…
    3. Apakah boleh bagi seorang wanita memutuskan hidup sendiri (tidak menikah) dikarenakan dia blum mendapatkan pasangan/jodoh yg mengajaknya utk menikah? Apakah Allah akan murka padanya??
    4. Bagaimanakah bila alasan seseorang menolak utk menikah dikarenakan calon pasangan yg menginginkannya telah berumur, telah menikah puluhan tahun, telah dikaruniakan anak2 yg sehat, dan telah memiliki cucu?? bukan menolak poligami yg Allah Ridhoi tapi pada ketertarikan hati yg tidak mau dengan orang tersebut??
    5. Bilakah ternyata jodoh yg Allah gariskan pada wanita itu adalah pria berumur yg telah bercucu tersebut?? Lalu bagaimanakah bila timbul perasaan benci dan tidak menerima terhadap keputusan Allah ini??? Saya pernah membaca kisah Nabi Muhammad SAW yg pada awalnya menolak utk menikahi janda dari anak angkatnya….tapi kemudian karena Allah yg menyuruh agar menjadi pelajaran dan penghapusan tradisi bangsa Arab pada zaman itu, Nabi menerima pernikahan tersebut. Mungkinkah seorang wanita biasa diatas dijadikan Allah pula untuk pelajaran hidup bagi orang2 disekitarnya?? (dengan menikahi pria yg berumur dan tidak disukainya)—- mohon penjelasannya??
    Bukankah seseorang yg menikah harus dilandaskan atas dasar sayang dan berpegang pada syariat yg Allah gariskan??

    Atas penjelasan yg habib berikan saya ucapkan banyak terimakasih, semoga apa yg saya ceritakan diatas mendapat jawaban yg bisa menjadi pelajaran untuk saya amiinnn

    jazakumullah khairan katsiran
    [/color]

    #78073822
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan kebahagiaan dan kasih sayang Nya swt semoga selalu tercurah pada hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    1. mencari pasangan pertama bergantung dg pertimbangan ilahi, yaitu yg paling diridhoi Allah dan dapat membimbing kita pada keridhoan Nya swt, lalu barulah pertimbangan diri kita ptibadi, baru orang tua dan kemudian teman

    2. tentunya ia selayaknya tidak bosan bosan berusaha, dan tenggang waktu belum terkabul adalah tabungan pahala yg terus berbunga baginya, maka dalam hal ini hendaknya ia tak kesusu dan terburu buru, didampingi dengan kesibukan lainnya dan sambil ia terus mencari jodohnya, dan pahala terus mengalir untuknya

    3.tidak menikah hukumnya makruh, bukan haram, yg menjadi haram apabila ia membenci sunnah, bila ia tak membenci sunnah maka makruh hukumnya, dan tak sampai derajat haram.

    4. bila ia tak setuju dengan hal itu maka hukumnya antara makruh dan mubah,

    secara umum hukumnya makruh, namun bila ia memang benar benar tak berkenan dan tak mungkin bisa menerima keadaan calon suami yg seperti itu, maka menolaknya itu menjadi mubah.

    5. mengenai kebencian itu bisa muncul setelah cinta, dan cinta bisa muncul setelah benci, hal itu relatif. bila ia tersiksa dengan suaminya, maka ia mengajukan cerai pada suami, bila suami menolak maka ia mengajukan cerai pada hakim, bila hakim menolak maka ia bersabar hingga Allah swt memutuskan ketentuannya.

    demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    wallahu a\’lam

    #78073883
    aby
    Participant

    Assalamualaikum wr, wb Ya Habib yang dimuliakan Allah SWT
    sholawat dan salam yang tak pernah terputus kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW
    Alhamdulillah, terimakasih habib telah memberikan penjelasan yg memberikan semangat untuk tidak putus asa terhadap apa yg ditentukan Allah SWT,

    Bib, ada hal lain yg ingin saya tanyakan ke habib,….namun bukanlah suatu masalah penting yg mendesak hanya sekedar bertanya tentang arti sebuah nama yang menurut sebagian dari orang2 di Indonesia percaya bahwa nama adalah doa yang diberikan orang tua untuk anak2nya agar hidup sesuai dengan ridho Allah SWT yang diharapkan melalui nama2 tersebut.
    Berhubung habib mengerti dan memahami bahasa arab yg sangat kaya akan struktur bahasa, maka saya beranikan diri bertanya tentang arti nama saya…
    Nama saya Siti Hasbiyatuddhuha,….sekilas bisa dibaca kalo saya lahir pada waktu dhuha….namun ketika saya bertanya pada Abi saya tentang arti nama ini, beliau hanya tersenyum dan menjawab..\"sudah lupa\", maklum aja Bib, Abi sudah berumur dan tak pernah lagi berlatih membaca atau berkomunikasi dengan bahasa arab.
    Bila Habib berkenan memberikan sekilas arti dari nama saya tersebut, saya sangat berterimakasih pada habib, semoga apa yg Orang tua saya berikan berupa nama menjadi doa yg tak putus-putus untuk saya,….hingga bisa mendatangkan keridhoan Allah…amiin

    Atas jawaban yg Habib berikan saya ucapkan banyak2 terimakasih..

    #78073912
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Rahmat dan Cahaya keridhoan Nya swt semoga selalu mengiringi hari hari anda,

    saudariku yg kumuliakan,
    hasbiy berarti : cukup bagiku, atau terpenuhi kemauanku, maka kata itu sering dijadikan nama, misalnya muhamad hasbiy.

    setelah dijadikan nama, lalu dipakai pula oleh sebagian orang untuk nama wanita, maka berubahlah menjadi Hasbiyyah atau siti hasbiyyah.

    Dhuha adalah cahaya pagi, identik dengan rizki yg luas dan berkah.

    maka Siti Hasbiyyatuddhuhaa\’ berarti : \"kemauanku terpenuhi saat dhuha\" atau : cukuplah bagiku kemuliaan waktu dhuha\".

    demikian saudariku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    wallahu a\’lam

    #78073927
    aby
    Participant

    Assalamualaikum wr, wb…

    Alhamdulillah…syukron ya Bib…dah bantu artiin namaku…
    semoga kehidupan ku seindah doa yang tercantum dalam namaku.

    Habib yg baik hati dan sangat bersahabat,….terimakasih ya..Semoga Allah meninggikan derajat Habib, Merahmati keluarha Habib dan menjadikan Habib seorang pendakwah yg mampu mendukung perjuangan Nabi Muhammad SAW seperti yg habib cita citakan,….amiin
    Oh ya Bib boleh minta amalan/dzikir2 yg bisa dipraktekkan sehari-hari, agar apa yg dicita-citakan terlaksana….misalnya (bisa lulus ujian pns hehe, bisa diberi keleluasaan untuk bisa kuliah lagi dan….agak malu nih tapi ini yg paling berarti Bib, amalan biar cepet2 dapet jodoh hehehe-red) selain berusaha dengan sungguh2 tentunya….?? dan yang gak kalah penting dari semuanya….Habib yang dermawan boleh aku minta doanya??? heheh, :) kata orang minta doa kepada orang lain juga bisa mendatangkan berkah tersendiri dari Allah,….(apalagi dapet doa dari Habib) karena doa adalah gerbang penghubung kepada Allah SWT.

    Alhamdulillah syukron katsiran ya Habib yg dimuliakan oleh Allah SWT…

    #78073953
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh

    Cahaya Kebahagiaan dan Rahmat Nya swt semoga selalu menerangi jiwa dan hari hari anda,

    saudariku yg kumuliakan,
    ada doa yg selalu dibaca guru guru kita, yaitu doa Nabi Musa as ketika dalam kesusahan, saat itu nabi Musa as dalam keadaan susah, miskin, tak tahu harus kemana, dan tak punya jodoh, setelah Nabiyullah Musa as berdoa dg doa itu maka Allah berikan pada keluasan, kekayaan, pekerjaan yg menyenangkan, pengikut, teman yg baik, dikabul hajat2nya, dan pasangan hidup yg membahagiakan pula,

    hayo… mau ngga..?,

    sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah swt pada Al Qashash 24.

    doa Musa as itu dicantumkan dalam Al Qashash ayat 24, yg kemudian selalu dibaca dan diajarkan oleh guru guru kita, yaitu : \"Rabbiy Inni Limaa Anzalta ilayya min khairin faqiir\".
    (wahai Allah sungguh aku ini masih miskin dan faqir dan sangat butuh atas apa apa yg kau turunkan dari anugerah).

    nah.. saudariku, selamat mencoba.., semoga dalam kebahagiaan selalu,

    wassalam

    #78073980
    aby
    Participant

    Alhamdulillah………….
    Assalamualaikum wr, wb….Ya Habibana Munzir Al Musawwa
    Sholawat dan Salam kepada Nabi Muhammad SAW hingga akhir zaman…

    Alhamdulillah, makasih banyak ya Bib…atas amalan yg habib berikan…semoga saya mampu dan istiqomah mengamalkannya…amiin…dan semoga yg Habib doakan untuk saya diqobul oleh Allah SWT yg Maha Kuasa atas segalanya amiin.

    Semoga Rahmat Allah dan Karunia-Nya SWT tak pernah putus menaungi kehidupan Habib sekeluarga hingga dapat berkumpul kembali di Surga Ilahi…. Semoga Allah selalu memberikan kemudahan dan kelancaran atas perjuangan Habib menegakkan syariah Islam dibawah panji Majelis Rasulullah yg sangat saya cintai….amiin ya Rabbal A\’alamiin..

    Sekali lagi terimakasih banyak ya Bib, syukron katsiran, (sampe terharu nih dan gak tau mesti berkata apa lagi,…..syukur saya kepada Allah SWT yg telah memberikan jalan bertemu Habib walau hanya lewat forum ini,….hingga lega rasanya hati ini…. lega karena tak lagi merasa sendiri….lega karena Allah masih memberikan jalan kasih)

    Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillahi Rabbil A\’alamiin

    #78073981
    Ahmad Rivai
    Participant

    ya habib boleh kah saya membaca doa tersebut di setiap waktu doa sholat sholat fardu saya. atau ada waktu khusus nya bib??
    terima kasih ya habib, semoga ALLAH selalu memberi kesehatan selalu buat habib

    #78073993
    Munzir Almusawa
    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Rahmat dan Cahaya keridhoan Nya swt semoga selalu mengiringi hari hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan,
    doa tersebut boleh dibaca kapanpun, tidak ada ketentuan tertentu dalam mengamalkannya,

    demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    posisi saya di pulau Bengkalis, mohon doa

    wallahu a\’lam

    #78074016
    aby
    Participant

    Assalamualaikum wr, wb…

    Sholawat dan Salam yg tak pernah putus kepada Nabi Muhammad SAW…
    Salam Keberkahan dan Rahmat yg besar dari Allah SWT kepada Habib Munzir yg dimuliakan…

    Bib…lagi di Bengkalis ya?? Semoga Allah memudahkan perjalanan Habib ya, melancarkan segala urusan Habib dan Semoga Habib Sekeluarga selalu diberi kesehatan oleh Allah Yang Maha Menyembuhkan,….diberikan Kesembuhan dari segala penyakit yg bisa mengganggu aktifitas Habib….

    Tetap semangat ya Bib…..aku dukung dengan doa dan cinta dari sini …. :)

    Jazakumullah Khairan Katsiran…..

Viewing 10 posts - 1 through 10 (of 19 total)
  • The forum ‘Forum Masalah Tauhid’ is closed to new topics and replies.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru