Senin 3 Maret 2014, Penjelasan Kitab Risalatul Jami’ah, Sunah Wudhu


C
eramah Al habib Ahmad bin Novel Bin Salim bin Jindan
Di Masjid Al Munawar – Pancoran
Senin, 3 Maret 2014

الحمد لله و الصلاة و
السلام على سيدنا رسول لله
محمد ابن عبد الله و على اله
و صحبه و من ولاه

أمابعد.الحمد الله

Hadirin wal wadirat yang dimuliakan oleh Allah SWT mudah-mudahan kita yang hadir ditempat yang mulia ini mudah-mudahan dikasih keberkahan oleh Allah SWT
khususnya yang bawa kitab yang bawa buku tulis yang bawa pulpen yang bawa siwak yang mengamalkan ini ilmu mudah-mudahan diberikan taufiq oleh Allah SWT,
dibimbing oleh Allah Ta’ala, dijadikan sebagai ulama ‘amilin yang bertaqwa kepada Allah SWT yang dicintai oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi
wa alaihi wa shahbihi wa salam amin ya Rabbal ‘alamin…

Hadirin wal hadirat yang dimuliakan oleh Allah SWT dalam pertemuan yang lalu kita membahas tentang beberapa sunnah yang didisunnahkan saat kita membasuh
kedua tangan kita sedikit kita mengulang ketika kita membasuh tangan kita saat berwudlu disunnahkan apabila kita menggayung itu air maka disunnahkan
dimulai dari ujung jari tapi kalau kita berwudlu dengan menggunakan keran atau ada yang tuangkan bakal kita walaupun hukumnya makruh kalau ada yang
tuangkan bakal kita, maka disunnahkan dimulai dengan siku dahulu, dari siku ke ujung jari, berbeda kalau kita gayung dengan tangan kita dimulai dengan
ujung jari kita. Itu sudah kita bahas, kemudian juga kita bahas dalam pertemuan yang lalu disunnahkan memulainya dengan tangan kanan sebanyak tiga kali
kemudian tangan kiri tiga kali. Dan dianjurkan juga disunnahkan untuk الدّلك menggosok, ini sunnah didalam madzhab Al
Imam Syafi’i adapun didalam madzhab Al Imam Malik hukumnya wajib bagian dari rukun wudlu, naam.. kemudian juga disunnahkan dalam madzhab Al Imam
Syafi’i التخليل yaitu sela-sela jari dipastikan air masuk sampai ke situ digosok, kemudian disunnahkan
إطالة التحجيل membasuh sampai kepundak, sebab ini yang membedakan umat nabi
Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam dengan umat yang lain, kemudian juga cincin, cincin ditangan sudah kita bahas dalam pertemuan
yang lalu yaitu kalau memang cincinnya sangat ketat dijari sehingga air tidak mungkin untuk masuk kebawah cincin maka hukumnya wajib itu cincin digerakan
hingga dapat dipastikan air telah sampai kebawah cincin atau wajib dilepas, itu kalau memang cincinnya terlalu ketat sehingga air tidak mungkin sampai
kebawah cincin wajib hukumnya, namun kalau memang cincinnya longgar maka sunnah untuk digerakkan sehingga air bisa masuk. Kemudian kita sudah bahas juga
الموالاة yaitu membasuh kedua tangan sebelum wajah kering, kemuadian tiga kali-tiga kali dan ini sudah kita
bahas mudah-mudahan sudah kita praktekkan dan kita amalkan, kemudian juga diajarkan ketika kita membasuh kedua tangan doanya:

اللهم اعطني كتابي بيميني
وادخلني الجنة بغير حساب

Ya Allah berikan kepadaku kitab amal perbuatanku dengan tangan kananku dan masukkan aku kedalam surga tanpa dihisab. Sebab orang kalau sudah dihisab oleh
Allah SWT berat urusannya ente liat orang yang kerja dikantor paling pusing kalau sudah akhir tahun, kenapa akhir tahun dia pada pusing? Sebab
itung-itungan punya urusan setahun, itu urusan kerjaan punya setahun kerjaan dia yang sebatas itu, bagaimana urusan hidup kita? وكل
كبير وصغير مستطر semua yang besar yang kecil dicatat oleh Allah SWT.
Karena itu berapa banyak orang yang dihisabnya panjang. naudzubillah, mudah-mudahan jangan kita dihisab oleh Allah mudah-mudahan kita masuk surga tanpa
hisab, kalo sudah dihisab oleh Allah SWT walaupun masuk surga tetap saja engga enak, terus terang berat, berat, berat, Ya Rabb kita cuma bisa berharap sama
Allah SWT agar dimasukan kedalam surga tanpa dihisab oleh Allah SWT. Karena itu dalam wudlunya kita, kita minta hal yang demikian Ya Allah berikan kepadaku
kitab amal perbuatanku dengan tanganku dan masukkan aku kedalam surga tanpa dihisab, minta dalam wudlunya kita, minta setiap saat kepada Allah dengan
kesungguhan dari dalam hati kita, terus ketika membasuh tangan kiri kita kita berdoa kepada Allah SWT didalam doa yang diajarkan:

اللهم إني اعوذبك ان
تؤتيني كتابي بشمالي او من
وراء ظهري

Ya Allah aku berlindung kepadamu jangan Engkau berikan kepadaku kitab catatan amal perbuatannku dengan tangan kiriku atau dari belakang punggungku. Minta
sama Allah sebab orang yang semacam itu dia yang bakal masuk kedalam neraka, naudzubillah

وأما من أوتي كتابه وراء
ظهره, فسوف يدعوا ثبورا,
ويصلى سعيرا, إنه كان في
اهله مسرورا, إنه ظن ان لن
يحور, بلى إن ربه كان به
بصيرا

Allah bilang didalam Al Qur’an orang yang dikasih oleh Allah kitabnya dari belakang punggungnya dia bakal menjerit dihari kiamat jeritan penyesalan.
dan penyesalan engga bakal bawa manfaat saat itu, kalau mau menyesal menyesallah saat didunia ketika masih hidup. Ya Rabb mudah-mudahan Allah selamatkan
kita dari siksaan yang berat dihari qiamat, amiin. Kemudian sunnah yang disunnahkan saat kita membasuh kepala kita, dalam pertemuan yang lalu kita bahas
bahwa membasuh kepala hukumnya salah satu rukun fardu min furudlil wudlu yang wajib dilakukan, nah berbeda dengan anggota wudlu yang sebelumnya wajah
tangan dan kaki, air harus dialirkan sebab diwajah, ditangan dan dikaki disebutkan الغسل adalah air yang mengalir, berbeda
dengan kepala cukup dengan المسح Allah nyatakan dalam Al Qur’an وامسحوا
برءوسكم dan usaplah kepala kalian (kata Allah SWT), dan ulama mengatakan perbedaan
,المسح والغسل

:الغسلair mengalir, kalau المسحengga harus mengalir yang penting basahan ampe ke kepala, itu
yang wajib, kemudian didalam madzhab Al Imam Syafi’i yang wajib dibasuh atau diusap dari kepala walaupun sedikit kulit kepala atau rambutnya tapi
dengan catatan kalau ingin mengusap rambut, rambut yang diusap dengan air tesebut masih ada didalam batasan kepala, seperti yang kita sudah bahas orang
yang rambutnya panjang seperti orang perempuan dia pengen ngusap ujungnya doang diusap, sah apa engga? Kemarin kita sudah bahas. Kenapa tidak sah? Rambut
yang dia usap sudah keluar dari batasan kepala, engga sah. Mau ngusap rambut boleh tapi dengan catatan masih didalam batasan kepala, orang laki rambutnya
tinggi ke atas panjang usap ujungnya doang sah apa engga? Turunin tuh rambut bagian depan turunin kedepan samping ke samping belakang kebelakang, kalau
memang sudah diturunin tuh rambut bagian yang basah keluar dari batasan kepala maka tidak sah tapi kalau masih dalam batasan kepala maka sah, naam. ini
didalam madzhab Al Imam Syafi’i walaupun sedikit, itu sudah kita bahas dalam pertemuan kita yang lalu, adapun sunnah-sunnahnya ketika membasuh kepala
adalah membasuh seluruh bagian kepala, kalau yang wajib walaupun sedikit tapi sunnahnya membasuh kepala dari ujung sampai belakang, sebab beberapa madzhab
menyatakan bahwasanya kepala diusap seluruhnya, maka keluar dari hilaf yang mewajibkan maka disunnahkan mengusap seluruh dari bagian kepala. Dan inilah
yang dilakukkan oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam dan para sahabatnya, nabi Muhammad mengajarkan para sahabatnya berwudlu
demikian, artinya apa? Diriwayatkan didalam hadits bahwasanya nabi besar Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam ketika beliau berwudlu
beliau mengusap seluruh kepala dari ujung bagian depan kebelakang kemudian dikembalikan lagi, bagaimana caranya? Ini kedua jempol kita taro dipelipis
kemudian jari-jari kita taro diatas jidat kita setelah kita basahi air, terus setelah itu kita kebelakannya kita usap ini usap ni rambut kita kepala kita
kita gerakan ampe kebelakang ampe keleher sampai dibelakang kalau memang rambutnya terlalu pendek atau botak itu ulama bilang engga harus dikembalikan lagi
itu tangannya kedepan, tapi kalau memang rambutnya standar ada sedikit rambutnya maka sunnah untuk dikembalikan lagi kekedepan, jadi bagian depannya kena
air kena basuhan bagian belakangnya juga kena basuhan dari semua arah, ini yang disunnahkan. Perempuan yang rambutnya panjang bagaimana? Setelah apanamanya
seperti tadi yang saya bilang , taro jempol dipelipis semua jari-jari dijidat kemudian digerakan tangannya sampe kebelakang, nah perempuan yang rambutnya
panjang sunnah dikembalikan lagi gak tangannya kedepan? Didalam mengusap kepala? Kalau perempuan yang rambutnya panjang engga, cukup kebelakang aja. Hadza
caranya seperti itu, itu yang diajarkan oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam. Kemudian itu salah satu sunnahnya saya kira
bisa dimengerti. Kemudian diantara sunnahnya juga الموالاة apa artinya
الموالاة kemarin kita sudah bahas, tadi juga sudah disebutkan
الموالاة adalah mengusap kepala sebelum tangan kering, sebelumnya kita membasuh kedua tangan sebelum
membasuh kedua tangan itu kering airnya kita sudah mengusap kepala lagi hadza namanya الموالاة kemudian
juga disunnahkan ketika kita membasuh kepala, telinga juga dibasuh sedikit biar kena telinga bukan sedikit tapi telinga juga kena basuhan dari kepala,
kenapa? Sebab ada beberapa ulama mengatakan bahwasanya telinga juga bagian dari kepala, karena itu sunnah untuk dibasuh. Ini beberapa sunnah yang
disebutkan. Kemudian sunnah yang berikutnya. Mengusap kepala berapa kali? Kita membasuh muka tiga kali, membasuh tangan tiga kali yang lain-lainnya tiga
kali, kepala tiga kali apa berapa kali? Tiga kali apa bukan? Disini ulama bebeda pendapat ada yang mengatakan bahwasanya mengusap kepala disunnahkan tiga
kali dan ada lagi ulama mengatakan mengusap kepala satu kali. Sebab diriwayatkan juga dua riwayat didalam hadits diriwayatkan Sayidina Utsman ibnu Affan
radiallahu ta’ala anhu wa ardlo ketika beliau memberikan pengajaran kepada beberapa orang tentang wudlu beliau memberikan contoh. Sayidina Utsman
berwudlu beliau membasuh kedua telapak tangannya kemudian kumur-kumur, membasuh hidung mengeluarkan air dari hidung dan membasuh mukanya tiga kali-tiga
kali, membasuh tangan kanannya tiga kali membasuh tangan kirinya tiga kali kemudian mengusap kepala engga disebut tiga kali, ثم
مسح برأسهini riwayat. Kemudian setelah itu membasuh kaki kanannya tiga kali kemudian membasuh kaki kananya
tiga kali kaki kirinya tiga kali setelah itu beliau bilang:

رأيت رسول الله صلى الله
عليه وعلى اله وصحبه وسلم
توضأ نحو وضوء هذا

saya telah melihat Rasulullah Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam berwudlu dengan cara semacam ini yang aku contohnya seperti ini. Itu
riwayat. Didalam riwayat yang lain Sayidina Utsman menceritakan juga bahwasanya mengusap kepala tiga kali-tiga kali, disana ada riwayat yang lain yang
diriwayatkan oleh Sayidina Ali ibn Abi Thalib yang lebih jelas lagi lebih nyata lagi Sayidina Ali ibn Abi Thalib mengatakan ketika menjelaskan sifat
wudlunya Rasulullah Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam,

ومسح برأسه وحدة

Sayidina Ali ibn Abi Thalib mengatakan bahwasanya Rasululillah Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam mengusap kepalanya satu kali, ni saya
bawakan beberapa riwayat semacam ini yang intinya ini dalil-dalilnya semua bahwasanya saya bawakan beberpa dari hadits-hadits Rasulullah Shalallahu alaihi
wa alaihi wa shahbihi wa salam initinya bahwasanya apa yang diajarkan oleh fuqoha kita didalam fiqih semuanya ada dalilnya didalam Al qur’an dari
sunnah-sunnahnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam baik yang disunnahkan tiga kali maupun yang disunnahkan mengusap kepala
satu kali semuanya ada dalilnya dari nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam, habis yang harus kita lakukan bagaimana? Silahkan
kalau ente pengen mengusap kepala tiga kali atau satu kali tidak ada masalah semuanya sunnahnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa
salam, adapun yang biasa dilakukan Sayidina Imam Al Qutub Alhabib Abdullah bin Alwy haddad, habib Abdullah bin Alwy Haddad seorang ulama besar dizamannya
بلغ درجة الإجتهاد beliau punya
إختيارات, diantara ikhtiar beliau didalam wudlu didalam mengusap kepala lebih condong kepada pernyataan
ulama yang menyatakan bahwasanya mengusap kepala satu kali bukan tiga kali, sehingga kebiasaan alhabib Abdullah Haddad ketika beliau berwudlu beliau
mengusap kepalanya satu kali mengikuti sunnah yang mengatakan satu kali, naam walaupun ulama yang lain mengatakan sunnah mengusap kepala tiga kali, saya
kira jelas tentang sunnah-sunnah tersebut, ini sunnah yang dianjurkan saat mengusap kepala. Tinggal yang terakhir adalah do’anya. Do’anya apa?
Sebagaimana saat dari awal wudlu cara-cara wudlu kita dari mulai membasuh telapak tangan, kumur-kumur, mengeluarkan air dari hidung, muka, tangan, semuanya
ada doanya begitu juga saat mengusap kepala Itu ada do’anya. Apa do’anya? Do’anya kita minta sama Allah saat mengusap kepala kita baik
satu kali ataupun tiga kali, kita minta sama Allah :

اللهم غشني برحمتك وانزل
علي من بركاتك واظلني تحت
ظل عرشك يوم لا ظل الا ظلك,
اللهم حرم شعري وبشري على
النار

apa artinya? Kita minta sama Allah, Ya Rabb curahkan untukku ini rahmat dan kasih sayang Mu, Ya Allah turunkan untukku keberkahan dari-MU untukku, dan
Naungi aku dihari kiamat dibawah naungan ars-Mu, dibawah naungan rahmat-Mu, dimana seseorang saat itu mereka tidak akan mendapati tempat bernaung melainkan
dibawah Rahmat-Mu ya Allah. Kemudian yang berikutnya kita minta sama Allah:

اللهم حرم شعري وبشري على
النار

Ya Allah haramkan rambutku dan kulitku untuk dibakar api neraka, minta begitu sama Allah. Minta sama Allah supaya rambut kita kulit kita tidak dibakar
diapi neraka, terus terang kaggak enak kalau dibakar diapi neraka jangankan api neraka api dunia aja kagga enak, Ya Rabb mudah-mudahan kita dijaga dari
siksa dan api neraka,

اللهم إنا نسألك رضاك
والجنة ونعوذبك من سخطك
والنار

kemudian pembahasan yang terakhir tentang مسح الرأس mengusap kepala. Saat mengusap kepala kita dianjurkan
untuk membuka kopiahnya kita saat sebelum wudlu jadi kepala bisa diusap dengan sunnah-sunnahnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa
salam tapi kadang kita engga mau buka kopiahnya kita, gimana? Ana mau kasih tau ente. ArRasul Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam beberapa
kali beliau itu ketika berwudlu ketika membasuh mengusap bagian kepala Rasul tidak membuka imamahnya atau sorban yang ada dikepala atau kopiahnya, beliau
hanya sebagai mana yang dirwayatkan oleh Sayiduna Annas ibnu Malik beliau mengambil sedikit air dan mengusapkan dibagian kulit kepalanya yang wajib untuk
menggugurkan kewajiban terkadang Rasul semacam itu, setelah itu beliau melakukan sunnah yang saya tadi saya ajarkan itu, naro jempol dipelipis tapi
diusapkannya bukan dirambut tapi diatas imamahnya beliau dan dikembalikan lagi, hadza sebagai ganti untuk mengusap kepala, untuk mengambil sunnah mengusap
kepala. Faham engga, pertama yang beliau lakukan adalah untuk menggugurkan kewajiban dulu, apa kewajiban yang musti dilakukan? musti ada air yang sampai
kekepala walaupun sedikit, itu dulu gugurkan, kemudian itu kita pengen mengamalkan ini sunnah cuma imama atau kopiah atau mungkin orang perempuan
kerudungannya kagga ingin dilepas tapi pengen juga ngamalin sunnah, boleh juga lakukan seperti mengusap kepala walaupun tidak dilepas itu imamahnya atau
kopiahnya atau kerudungannya dan ini sangat bermanfaat bakal orang perempuan ketika dia wudlu dimasjid jadi engga harus buka kerudungannya sehingga dilihat
itu rambutnya oleh semua orang, cukup gugurkan kewajiban sampaikan basah ke bagian kepala yang wajib kemudian setelah itu lakukan yang sunnah dengan
mengusap kerudungan yang ada dikepala nah itu sunnahnya nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam, mudahan bisa kita praktekkan bisa
kita amalkan. Tinggal berikutnya akan dibahas tentang mengusap kedua telinga. Mengusap kedua telinga hukumnya sunnah. Hukumnya sunnah. Terus caranya pun
banyak, caranya pun itu yang diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam, yang pertama ketika mengusap telinga berbeda
dengan kedua tangan, kalau tangan kita disunnahkan untuk memulai dengan tangan kanan selesai tangan kanan baru tangan kiri, kalau telinga mengusapnya
apakah dimulai dengan kanan baru kiri atau bagaimana? Kita katakan kalau telinga engga seperti itu tapi sekaligus dua-duanya bersamaan kanan dan kiri
menjadi satu, itu yang disunnahkan seperti itu kecuali orang yang tangannya buntung tangannya cuma satu orang yang seperti ini disunnahkan ketika mengusap
telinganya mulai dari yang kanan dulu kemudian yang kiri sebab tangannya dia cuma satu. Tapi kalau dia orangnya normal maka sekaligus bebarengan, kemudian
caranya; basahi kita punya tangan, kemudian setelah kita basahkan kita punya tangan jari telunjuk kita masukan kedalam telinga kita dan biar
lengkungan-lengkungan yang ada ditelinga kita biar digosok biar air masuk keseluruh lengkungan yang ada ditelinga kita, setelah selesai semuanya itu terus
jempol kita untuk mengusap belakang telinga kita, dan hal yang semacam ini dilakukan tiga kali-tiga kali, setelah itu disunnahkan lagi basahin tangan kita
khususnya jari telunjuk kita atau jari kelingking kita, apa yang kita lakukan? Tuh telunjuk dan kelingking tadi yang sudah basah gunakan untuk membersihkan
lobang telinga kita. Sebanyak tiga kali. Selesai sampai disitu ntar dulu masih ada yang lain, basahin kedua telapak tangan sudah selesai basahin kedua
telapak tangan ni kedua telapak tangan ditaro ditelinga tiga kali-tiga kali. Jadi totalnya berapa kali mengusap telinga? Berapa kali? Coba itung? Sembilan
kali saat kita mengusap tapi ditambah ditambah sama mengusap kepala, jadi dua belas tambah lagi ama yang mengusap wajah, berapa jadinya? Lima belas kali
Ini yang paling banyak ketika membasuh telinga, terus juga ada do’anya. Apa do’a yang disunnahkan, minta sama Allah SWT;

اللهم اسمعني منادي الجنة
في الجنة مع الأبرار
واجعلني من الذين يستمعون
القول فيتبعون احسنه minta sama Allah SWT; Ya Allah
perdengarkan untukku panggilan surga yang memanggil diriku nanti. surga memanggil-manggil penghuninya. Mudah-mudahan kita dijadikan oleh Allah sebagi orang
yang mendengar tuh panggilan Ya Rabb mudah-mudahan, sebab yang kagak ngedenger berarti bukan penghuninya engga dipanggil, mudah-mudahan kita termasuk orang
yang dipanggil oleh Allah SWT, paling enak perempuan nih ibu-ibu, perempuan yang pada diatas yang pada hadir dibelakang, paling enak masuk surganya gampang
banget, mudah-mudahan ini perempuan-perempuan smuanya kita juga yang laki masuk surganya dengan mudah, amiin insyaallah. Bakal orang perempuan AnNabi
Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam bilang didalam haditsnya, orang perempuan mau masuk surga mudah makanya kita heran ama orang zaman
sekarang uh pengen persamaan sama orang laki, jadi orang laki kagga enak kewajibannya banyak, masuk surganya juga terus terang banyak tanggungan tapi orang
perempuan enak masuk surganya dengan mudah, seorang wanita bisa masuk surga cuma dengan empat perkara saja.

قال النبي صلى الله عليه
وسلم: إذا صلت المرءة خمسها
وصامت شهرها وحفظت فرجها
واطاعت زوجها قيل لها
ادخلي من اي ابواب الجنة
شئت

AnNabi Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam bilang; Seorang wanita apabila dia shalat lima waktu dengan bener, puasa bulan ramadhan bener, yang
ketiga dia jaga kemaluanya dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT dan dia jaga kehormatannya dia tutup auratnya, jangan berhubungan dengan laki-laki
yang tidak ada mahramnya tidak ada ikatan perkawinan, jaga kehormatan tutup aurat, nih nabi bilang shalat lima waktu puasa bulan ramadhan bener terus dia
jaga kehormatannya dia jaga kemaluannya dari hal-hal yang diharomkan oleh Allah dia tutup auratnya itu yang ketiga, yang keempat taat sama suami, nih empat
perkara, empat perkara doang, shalat lima waktu, puasa ramadhan, tutup aurat jaga kemaluan dari yang diharomkan Allah dan taat sama suami, ni empat perkara
kalau dilakukan oleh wanita nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam mengatakan قيل لها itu akan
dipanggil oleh surga, ni wanita bakal dipanggil saya bilang saya katakan ni kalau kita mau masuk ke ini masjid tuh pintu gede orang segede banyak, bisa
sekaligus masuk? Ngantri desak-desakan umat nabi Muhammad engga cuma kita yang dimasjid almunawar saja, umat nabi Muhammad banyak banget kira-kira kalau
kita masuk surga mudah-mudahan masuk surga, cuma kalau kita masuk surga antrian nomer berapa kita? Kalau masuk surga antrian nomer berapa? waduh panjang
antriannya, itu kalau masuk surga umat nabi Muhammad banyak banget engga ke hitung, tapi jadi orang perempuan saya bilang udah paling enak. Engga pake
ngantri, dipanggil, dipanggil…apa panggilannaya? ادخلي من اي ابوبا
الجنة شئت wahai wanita yang sepert ini (yang disebutin ama nabi) yang jalanin empat perkara tadi, masuklah
engkau kedalam surga melalui pintu yang mana aja. Surga ada delapan pintu neraka ada tujuh pintu, ada pintu dhuha ada pintu wudlu ada pintu sholat ada
pintu jihad dan lain sebagainya, ada pintu jihad nih seorang wanita walaupun seorang wanita tidak berjihad dimedan perang tapi kalau dia melaksanakan empat
perkara ini dia dipanggil oleh surga untuk masuk kedalam surga dari pintu yang mana saja termasuk pintu jihad fisabilillah tuh ada delapan pintu dipanggil
hai ayo masuk dari sini, jangankan dari delapan pintu dari lotengnya dia boleh masuk, tuh surga punya dia. Ya Rabb mudah-mudahan Allah masukan kita kedalam
surga. Amiin. Ini empat perkara bakal wanita biar masuk surga, shalat lima waktu bener puasa bener jaga kehormatan tutup auratnya jaga kemaluannya dari hal
yang diharamkan Allah kemudian taat sama suami masuk surga dari mana saja. Dia mendengar panggilan surga makanya setiap wudlu kita minta sama Allah Ya Rabb
perdengarkan kepadaku panggilan surga yang memanggil diriku dihari kiamat nanti. Ya Rabb mudah-mudahan kita diperdengarkan oleh Allah SWT, terus juga
didalam do’a kita minta sama Allah SWT :

اللهم اجعلني من الذين
يستمعون القول فيتبعون
احسنه

Ya Allah jadikan aku ini sebagai orang yang mendengar ucapan bagus dan menjalankannya dengan sebaik-baiknya. Alhamdulillah ana ente semuanya disini kita
sudah dipilih sama Allah untuk bisa ngedenger dari tadi sudah dibacain maulid, syair pujian yang indah untuk Rasulullah Shalallahu alaihi wa alaihi wa
shahbihi wa salam, nasihat dalam syair-syair yang dilantunkan tadi habib Ali bin Muhammad Habsyi dalam syair lantunannya ngingetikan kita !

اقم شاهد التقصير منك مع
الضعف – عسى واسع الألطاف
يدرك باللطف

tuh nasihat dari habib Ali Habsyi bakal kita ni kita jangan sombong biar kita sadar tau diri kalau kita tuh banyak kurang sama Allah, sehebat apapun
seseorang sama Allah jangankan dirinya malaikat miliaran tahun diciptain sama Allah sujud sampai hari kiamat engga bangun-bangun ketika dibangkitkan dihari
kiamat dia mengucapkan sama Allah :

يا رب سبحانك ما عبدناك حق
عبادتك ولا عرفناك حق
معرفتك

Engga cukup sampai disitu harus dipraktekkan dan diamalkan. Mudah-mudahan Allah bimbing kita dijalan yang diridhoi Allah SWT. Nah ini beberapa hal-hal yang
disunnahkan oleh nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam saat berwudlu, saat mengusap kepala dan mengusap telinga insyaallah masih
ada beberapa sunah-sunnah lagi, bukan beberapa sebenarnya banyak cuma mudah-mudahan kita bisa jalankan dan kita praktekakan.

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT sedikit saya pengen cerita beberapa hari lalu kita dan temen-temen termasuk guru kita alhabib Hud bin Muhammad Albaqir Al
Attas, habib Abdurahman Basyurah, juga saya mewakili alhabib Muhsin dan para ulama yang lainnya hadir acara-acara maulid di Singapura, kita seneng ketika
ngeliat kota Jakarta bulan maulid penuh dengan acara maulid, tapi ni karunia Allah bukan buat kita orang saja disingapura juga begitu, kalau kita lebih
banyak tuh dari awal maulid sampai kalau maulid-maulid habaib diakhir bulan Rabiul Awal kalau disana diakhir bulan Rabiutsani itu tiap hari dari pagi,
siang, sore ampe malam acara maulid engga berhenti, tiap hari terus yang hadir banyak banget kita hadir hari kamis acara haul dari pada seorang ulama besar
Alhabib Muhammad bin Salim Al Attas dimasjid Ba’lawi. Muhammad bin Salim ibnil Imam Al Qutub Ahmad bin Hasan Al Attas terus hari sabtu kita hadir
acara haul dari pada seorang wali besar dinegeri Singapura, Alhabib Nuh bin Muhammad Habsyi peminpin para aulia di itu negeri, hari ahadnya kita hadir dari
pada haulnya seorang ulama besar meninggal sekitar delapan belas tahun yang lalu, tapi gurunya para habaib-habaib bahkan para habaib-habaib ulama hadramaut
dikota tarim belajarnya sama ulama yang berada disingapura ini dia yang diadakan haulnya, AsSyaikh Umar bin Abdullah Al Khatib meninggal sekitar delapan
belas tahun yang lalu hadza Syeikh Umar tiap hari wiridnya sembahyang baca Al Qur’an dari awal sampai akhir dalam shalatnya dia khatamin Al
Qur’annya tiap hari. Dari sejak dia masih belasan tahun umurnya sampai meninggal dunia seperti ini terus ilmunya yang begitu luas hafalan
Qur’an yang sangat kuat kalau kita sudah hafal qur’an kita belepotan hapalan kita tapi kalau dia saking kuatnya hafalan Al Qur’annya ente
suru baca dari belakang ke depan dia bisa, kita tiap hari baca suratul fatehah dalam shalat siapa diantara kita dengan lancar bisa baca surat fatehah
kebalik? Dari ولاالضالين baru keatas? Nah dia saking kuat hafalannya engga cuma fatehah al
Qur’an tuh dari awal sampai akhir dia baca kebalik dari akhir ampe awal, wal hasil disitu kita hadir acara, yang hadir dalam haul habib Muhammad bin
Salim Al Attas, haul Alhabib Nuh bin Muhammad Alhabsyi dan acara haul yang lain banyak ada sekitar sembilan ribu orang yang hadir tapi saya bilang untuk
singapura itu sembilan ribu orang bukan banyak, banyak banget tambahin lagi nolnya dua kenapa kita disini yang hadir disini tdi Almunawar sekitar dua puluh
lima ribu orang tapi bandingin dengan jumlah yang ada dikota jakarta doang jakartanya ada delapan juta penduduk, atau bisa sembilan atau sebelas juta
disana penduduknya cuma tiga juta lebih yang hadir sembilan ribu orang masyaallah,. berapa persen dari umat islam yang hadir disitu? Umat islam jumlahnya
sekitar tiga ratus ribu orang yang hadir sembilan ribu orang, masyaallah tuh lihat keberkahan bagaimana? Makanya anugrah Allah engga hanya sempit disatu
kelompok atau disatu tempat saja ente pergi kemanapun tempat ente bakal dapetin bakal menyaksikan karunia Allah anugrah Allah bakal ini umatnya nabi
Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam, terus ada satu hal kenapa saya cerita ini semua, ada satu hal yang istimewa dari ini semua yang
saya saksikan sendiri yang saya kira para habib juga menyaksikan hal yang luar biasa, disana ada namanya maulid anak yatim, apa tuh namanya maulid anak
yatim? Ni acara-acara maulid disemua tempat orang pada hadir tapi dimasjid Ba’lawiy yang dipimpin oleh habib Hasan bin Muhammad bin Salim Al Attas
itu hari sabtu pagi beliau bikin maulid khusus untuk anak-anak yatim, kalau kita bikin santunan khusus anak-anak yatim, ni juga maulid tapi maulid khusus
anak-anak yatim, jadi yang hadir disitu anak-anak yatim dia baca maulid ikut hadir, maulid anak yatim. Dan yang luar biasa anak-anak yatim yang ada disitu
bukan orang islam aja tapi orang non muslim juga ikut hadir, terus dikasih santunan baik yang muslim ataupun yang non muslim terus disitu juga hadir
orang-orang jompo orang-orang cacat abis gitu makan, makan itu sudah disiapin kedai-kedai makan gratis, disini kedai burger disitu lagi ada kedai spagety
makanan yang mewah semua bakal dia orang yang ini lagi cokelat yang ini lagi es cream yang ini lagi mainan yang jelas mereka semuanya puas, ente kalau
hadir itu waktu ente bakal lihat yang tua yang muda yang habaib yang ulama dan mereka yang hadir anak-anak yatim semua yang terlihat semua cuma senyuman
dan kebahagiaan sama air mata terharu ketika melihat ini semua, terus juga yang saya suka dari situ ada orang-orang tua ada orang-orang cacat.. Teman teman
di masjid ba’alawi disana di didik. Kalau kita ngelihat orang cacat kita manggilnya orang cacat disana engga boleh manggil dengan sebutan orang cacat, tau
disana manggil apa? Dengan sebutan orang istimewa. Lihat perbedaannya orang cacat sama orang istimewa sampai bahasanya pun indah dan halus, orang-orang tua
kita disini di panggil dengan sebutan orang tua orang jompo disana dimasjid Ba’lawi engga boleh memanggil dengan panggilan orang jompo, manggilnya
tau dengan sebutan apa? Orang lama. Lihat adab bagaimana? Lihat tatakrama diajarkan, diperuntukan untuk yang sudah masuk umur, tua, tapi mereka tidak
diperkenankan untuk memanggil orang tua, manggilnya apa? Orang lama. Saya kira cerita begini supaya jadi panutan bakal kita, contoh menarik yang bisa kita
ikutin dan inilah bagian dari syariah nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam dan engga pandang bulu termasuk orang-orang non muslim
dapat santunan dapat perhatian saat itu, dan ini yang dipuji oleh Allah untuk keluarga nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam
didalam Al Qur’an Allah menyatakan :

ويطعمون الطعام على حبه
مسكينا ويتيما واسيرا

Sifatnya keluarga nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam yang dibanggakan oleh Allah mereka selalu bagi-bagi makanan bakal
anak-anak yatim bakal orang-orang miskin dan tawanan, dan tawanan engga bakal jadi tawanan melainkan kalau dia bukan non muslim, walaupun non muslim
kebagian dan mendapat perhatian dan inilah yang dibawa nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa shahbihi wa salam. Mudah-mudahan kita mendapat
keberkahan dari Allah SWT, dibimbing oleh Allah kejalan yang diridloi Allah SWT, mudah-mudahan kita semua yang hadir disini dipanggil oleh Allah kedalam
surganya Allah SWT, engga ngantri lagi, lewat jalur VIP insyaallah kita masuk kedalam surganya Allah bersama nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa alaihi wa
shahbihi wa salam…Amiin ya rabbal alamin

هذا الدعاء ومنك الإجابة ….
هذا الدعاء ومنك الإجابة …..
هذا الدعاء ومنك الإجابة

يا رب العالمين ويااجود
الأجودين ويا راحم
المساكين ويا ذا القوة
المتين وصلى الله على
سيدنا محمد وعلى اله وصحبه
وسلم والحمد لله رب
العالمين والحمد لله رب
العالمين