Jaltsatul istnain Majelis Rasulullah

Senin, 4 mei 2020

Jalsatul itsnain  Majelis Rasulullah Saw

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْم

Guru kita yang sama-sama kita hormati dan kita muliakan Habib Husein Al-Habsyi, Ust. Afif  dan para Asatidzah lainnya dan para hadirin yang di muliakan oleh Allah Swt, para penyimak Majelis Rasulullah Saw dimanapun berada semoga senantiasa kita semua di berikan panjang umur dan kesehatan oleh Allah Swt, mendapatkan karunia-karunia dari Allah Swt, mendapatkan nikmat-nikmat yang indah dari Allah Swt.

Alhamdulillah kita bersyukur di malam hari ini dapat kembali bersama-sama berkumpul meneruskan,mengistiqomahkan rutinitas kita setiap malam selasa dalam pengajian akbar walaupun tidak bersama-sama dengan para jamaah seluruh nya namun melalui streaming yang Insya Allah sampai setiap cahaya kedalam rumah kita Insya Allah dari setiap rahmat Allah Swt dari setiap sholawat yang kita baca kepada Nabi kita Muhammad Saw dan banyak para jamaah pun menyampaikan rindu duduk bersama di setiap malam selasa di Masjid Almunawar. Mudah-mudahan Allah Swt cepat mengangkat segala musibah, wabah, segala penyakit yang menimpa dari pada negri kita dan seluruh negri kaum muslimin. Mudah-mudahan Allah Swt mengangkat semua nya.

Namun tidak menjadikan patahnya semangat kita untuk meneruskan dakwah dari majelis ini walaupun hanya bisa melalui streaming yang insya Allah mudah-mudahan kita semua bisa mendapatkan manfaat dari perkumpulan seperti ini.

Dan  juga kita berada di bulan mulia di bulan yang agung dan sudah kita lewati sepertiga pertama dari pada bulan ramadhan tinggal dari pada 2 pertiga yang berjalan yang akan kita lewati insya Allah, mudah-mudahan Allah Swt tidak sia-siakan dari ramadhan kita dan kita semua mendapatkan keberkahan dari pada bulan suci Ramdhan.

Sebagaimana doa nya Rasulullah Saw jangan usaikan Ramadhan melainkan kau telah merahmati kami kau telah memaafkan kami dan kau telah mengampuni kami. Nah ini adalah doa dari pada doa nya Rasulullah Saw. Kita pun berdoa meminta kepada Allah Swt jangan usaikan ramadhan melainkan Allah Swt sudah memberikan pengampunan nya untuk kita, memberikan maafnya untuk kita dan memberikan rahmat nya untuk kita.

Hadirin yang di muliakan oleh Allah Swt  dimana kitapun di hari-hari ini mengenang wafat salah satu istri Nabi Saw yang mulia yaitu ummuna Sayyidah Khodijatul Kubro beliau adalah istri pertama Rasulullah Saw yang Allah Swt jadikan pendamping untuk Nabi kita Muhammad Saw. Tidak di jadikan pendamping Nabi kita Muhammad Saw manusia yang special yang istimewa yang mulia melainkan adalah orang-orang yang juga mulia orang-orang yang juga hebat yang Allah Swt pilih untuk Nabi kita Muhammad Saw. Sampai di sebutkan Sayyidah Khodijah Al-Kubro beliau itu dari masa sebelum kenabian, sebelum di utus nya Nabi kita Muhammad Saw bahkan sebelum menikah dengan Rasulullah Saw Sayyidah Khodijah itu terkenal dengan kesuciannya terkenal dengan kehormatannya terkenal dengan kemuliannya terkenal dengan wibawanya. Sosok wanita yang selalu menjaga kemuliaannya, menjaga kehormatannya. Tidak seperti wanita yang merendahkan dirinya untuk hal dunia nya atau menjatuhkan diri nya untuk keinginannya dsb. Ini yang di muliakan oleh Allah Swt salah satu keistimewaannya bahkan menjadi perempuan yang hebat luar biasa dari segi nasabnya, dari segi hartanya, dari segi kehormatannya Sayyidah Khodijah itu memiliki banyak ke istimewaannya yang Allah Swt berikan. Sampai di Mekkah saat itu Sayyidah Khodijah adalah wanita terkaya dari kaum Quraisyh wanita terkaya adalah Sayyidah Khodiajh. Dengan kekayaan nya luar biasa dan bahkan salah satu dari pada keinginannya menjadi istri Nabi Muhammad Saw ketika dia memiliki dagangan yang di bawa oleh Rasulullah Saw. Bersama Maisaroh dari salah satu khodim nya Sayyidah Khpdijah untuk pergi Syam membawa dagangan nya Sayyidah Khodijah sebagaimana apa yang di lihat apa yang di saksikan oleh Maisaroh dengan keistimewaan dan kemuliaan Nabi Muhammad Saw. Irhas yang di dapati sebagaimana Nabi Muhammad Saw kemuliaan yang Allah Swt berikan sampai ada Rahib yang berjumpa dan mengabarkan dari tanda-tanda yang ada di dalam diri Nabi Muhammad Saw. Setelah saat itu Maisaroh meyampaikan kepada Sayyidah Khodijah tentang hal-hal yang terjadi maka Sayyidah Khodijah pun memiliki keinginan untuk menjadi istri Nabi Muhammad Saw. Sampai dia menawarkan diri nya( ini bukan aib) buka suatu yang buruk jika ada seorang wanita menawarkan dirinya. Sebab seorang wanita berhak memilih siapa untuk menjadi suaminya. Siapa yang baik untuk menjadi ayah pada anak-anak nya. Sayyidah Khodijah pun seperti itu. Dari mana? Ketika Sayyidah Khodijah menyampaikan kepada Nabi Muhammad Saw dengan kedekatan keluarga ikatan, begitu juga dengan kejujuran Nabi Muhammad Saw, dengan amanah nya Rasulullah Saw, kemudian jujur ucapannya Nabi Muhammad Saw,

Jadi tergambarkan oleh kita bagaimana sosok Nabi Muhammad Saw sebelum di utus oleh Allah Swt dengan kejujurannya, dengan kemuliaannya Nabi Muhammad Saw dengan kehormatannya Nabi Saw sampai mengirimkan orang dan Nabi Saw menyampaikan hal tersebut kepada Abu Thalib dan meminta untuk melamar Sayyidatuna Khodiajh untuk menjadi istri Nabi Muhammad Saw. Maka Abu Thalib pun mendatangi Amr bin Ashad sebagaimana Amr bin Ashad ini wali dari pada Sayyidah Khodiajh. Yang menikahkan Sayyidah Khodijah dengan Nabi kita Muhammad Saw. Dan kita bisa pelajari dari keistimewaan dan kemuliaan Sayyidah Khodijah. Beliau adalaj perempuan yang suci yang mulia yang Allah Swt berikan keistimewaan. Sampai di antaranya Nabi Saw tidaklah Allah Swt berikan keturunan kecuali semuanya lewat Sayyidah Khodijah kecuali satu dari Ibrahim dari pada Mariatul Qibtiyah. Semua putra-putri Nabi Saw dari Khodijah. Walaupun di saat Nabi Saw menikah Nabi berumur 25 tahun dan Sayyidah Khodijah berumur 40 tahun. Ini tidak ada masalah dalam islam yang menjadikan masalah pernikahan siapa yang tua istrikah atau suami kah dan ini sudah di gambarkan oleh Nabi kita Muhammad Saw. Tidak menjadikan suatu alasan yang buruk atau hal yang menimpa yang buruk . kalau ini nya lebih tua dan ini nya lebih tua ini sudah di gambarkan oleh Nabi Saw menjadikan dalam kehidupannya contoh untuk kita. Dan di saat tersebut Nabi Saw mendapatkan 2 putra dan 4 putri. Yang kita sama-sama mengetahui sayyidah Zainab, ruqoyyah Ummu Kultsum dan Sayyidah Fathimah Azzahra. Begitu juga dari putranya Abdullah, Qosim ada satu putra Nabi Saw yang Namanya Ibrahim yang berasal dari Maryatul Qibtiyyah. Berarti Nabi Saw Allah Swt jadikan ke istimewaan kemuliaan putra-putrinya bernasabkan dengan ibunya yaitu Sayyidah Khodijatul Kubro.

Nabi Saw seringkali memuji Sayyidah Khodijatul Kubro sampai Sayyidah Aisyah cemburu dan mengatakan saya tidak mencemburui istri Rasulullah Saw melebihi dari pada cemburu saya kepada Sayyidah Khodijah. Nabi Saw selalu mengatakan dahulu dia begini dahulu dia berbuat seperti ini, apa yang tidak di lakukan oleh Sayyidah Khodijah? Semua di berikan perjuangannya untuk Nabi Muhammad Saw. Hidupnya, nyawanya, bahkan Sayyidah Khodijah para ulama sepakat bahwa beliau lah adalah orang yang pertama kali masuk islam sebelum Sayyidina Abu Bakar Siddiq sebelum Sayyidina Ali bin Abi Thalib adapun Sayyidina Abu Bakar Siddiq dan Sayyidina Ali ada perbedaan, ada yang mengatakan Sayyidina Abu Bakar lebih dahulu ada yang mengatakan Sayyidina Ali lebih dahulu. Adapun Sayyidah khodijah para ulama sapakat bahwa beliau lah yang pertama kali memeluk agama islam. Menggambarkan kemuliaanya menggambarkan keistimewaan.

Sayyidah khodijah sosok istri yang tabah. Maka nya beruntunglah seorang suami yang mendapatkan istri sifat nya seperti Sayyidah khodijah. Sampai di dalam riwayat sayyidah khodijah merelakan semua harta nya untuk perjuangan dakwah Nabi sampai sayyidah khodijah tidak punya apa-apa. Ada sebagian orang kita ketika semua sedang banyak harta lalu ketika harta nya habis di tinggalkan. Tapi sayyidah khodijah tidak meninggalkan Nabi Saw walaupun Nabi miskin. Saking tabahnya sayyidah khodijah dengan kemuliaan nya mendapatkan salam langsung dari Allah Swt.

Ketika malaikat Jibril datang kepada Nabi Saw wahai Muhammad khodijah membawa kan egkau semangkuk makanan dan minuman dan tolong sampaikan bahwa Allah Swt mengirimkan salam untuk nya dan aku mengirim kan salam juga untuknya. Maka ketika saat itu sayyidah khodijah masuk ke hadirat Rasulullah Saw dan Rasulullah menyampaikan, wahai Khodijah sesungguh nya Allah Swt memberikan salam untukmu dan malaikat jibrilpun memberikan salam untukmu lalu Sayyidah khodijah menjawab sesungguhnya Allah maha memberikan keselamatan dan atas mu wahai Nabi Muhammad Saw salam dan rahmat Allah Swt dan atas jibril keselamatan. Sampai riwayat hadist tersebut Allah Swt menyampaikan salam untukmu dan Allah sudah menciptakan rumah khusus untukmu. Di katakana rumah tersebut terbuat dari kayu yang tidak bising. Kita kalau jalan di atas kayu biasanya ada suaranya tapi kalau kayu nya surga tidak ada suaranya khusus untuk sayyidah khodijah. Berapa banyak orang menghayalkan hidup nya punya rumah indah tapi ini punya rumah di surga nya Allah Swt. Apa tidak istimewa, apa tidak mulia yang Allah Swt berikan kepada Sayyidah khodijah dan apa pelajran yang bisa kita petik yaitu kehebatan sayyidah khodijah mendampingi Nabi Saw dalam berdakwah dengan keadaanya bahkan dengan hartanya. Bukan hanya nyawa nya saja harta nya pun di berikan kepada Nabi Muhammad Saw. Tidak lain dan tidak bukan ingin mendapatkan ridho nya Allah Swt dan ridho nya Nabi Muhammad Saw. Itu menjadi perhatian penting untuk kehidupan kita saat ini untuk kita mau mencari ridho nya Allah Swt dan ridho nya Rasululla Saw dengan apa yang bisa kita lakukan.

Bulan Ramadhan adalah bulan nya Shodaqoh bulan nya zakat. Jangan sampai kita meninggalkan kewajiban zakat.

Nabi Saw mengatakan bulan Ramadhan ini bulan nya berbagi. Banyak di sekeliling kita orang-orang yang kesulitan dan susah, marilah mulai sekarang kita berbagi dan kita mulai bersedekah dengan semampu kita. Jangan sampai kita menahan atau menimbun harta kita sedangkan kita sering melihat berita berapa banyak orang yang meninggal karena kelaparan dan ini adalah panggilan buat kita semua. Mendorong kita untuk bersedekah

Lihatlah sayyidah khodijah tidak takut. Mereka memberikan harta mereka karena Allah Swt dan sebab mereka mengetahui bahwa balasan Allah Swt lebih indah.

Nabi Saw sendiri yang mengatakan jika harta kita di sedahkan maka tidak akan berkurang tapi bertambah-bertambah bertambah.

Bahakan harta kita yang kita sedekahkan lebih baik dari pada harta kita yang kita simpan. Dulu kisah sayyidana uwais al qorni ketika di bawakan uang oleh sayyidina umar sebesar 2 dirham tapi sayyidana uwais al qorni bingung uang nya untuk apa. Harta kita halal nya pun di hisab. Sepeserpun di hitung oleh Allah Swt. Dari mana kita mendapatkannya dan untuk apa kita gunakan. Makanya marilah kita berbagi apalagi di bulan Ramadhan pahala nya besar.

Kata Nabi Saw siapa yang memberikan makan untuk orang yang berbuka puasa maka Allah Swt akan mengampuni dosa nya kemudian Allah Swt lepaskan dari api neraka.  Allah swt berikan pahala buat dia dari pahala orang yang di berikan buka puasa tersebut tanpa mengurangi pahala nya sedikitpun.

Kalau sekarang sudah tidak bisa kalau dulu tahun-tahun kemarin ada di lampu merah orang lewat kita kasih kurma,kita kasih minum kita kasih kolak kalau sekarang datang kerumah nya. Jangan kita panggil semua karena keadaanya sudah berbeda. Tidak usah jauh-jauh, tetangga kita saja yang beda 1234 rumah dari rumah kita atau sekeliling kita 10 atau 20 rumah.

Nabi Ibrahim menyebutkan tetangga itu 40 rumah kanan kiri depan belakang itu tetangga kita semua. Jadi kita bersedekah kita bantu.

Kata Nabi Saw di ampunin dosa kemudian di selamatkan dari api neraka. Sampai Nabi mengatakan siapa orang yang memberikan minum untuk berbuka puasa Allah Swt akan memberikan kita minum dari telagaku. Jadi kalau kita ingin mendapatkan minum dari telaga nya Rasulullah Saw bersedakahlah. Kalau kita sayangi orang-orang di sekeliling kita maka kita akan dapat kasih saying dari Allah Swt. Mulai sekarang kita bersedakah dari orang di sekeliling kita dahulu. Jangan takut Allah Swt akan berikan akan ganti dengan yang lebih baik lagi.

Sampai sahabat ada yang pernah bilang Ya Rasulullah tidak semua dari kita bisa memberikan orang untuk berbuka puasa karena kita juga miskin. Kata Nabi kalian walaupun dengan satu butir kurma maka Allah akan memberikan pahala.

Ketika kita memberikan buka puasa walaupun dengan sebutir kurma maka kita akan di berikan pahala oleh Allah Swt dan di jauhkan dari api neraka. Tapi dengan syarat kita nya puasa juga, jangan kita berikan orang yang puasa tapi kita nya tidak berpuasa. Yang bagus itu kita menyuruh tapi kita nya juga mengamalkan maka insya Allah mendapatkan keistimewaan yang mulia dengan kita bersedekah. Banyak di sekeliling kita orang yang kesulitan dan Alhamdulillah Majelis Rasulullah Saw mengadakan donasi. Siapa temen-temen dari Majelis Rasulullah Saw di manapun mau menyalurkan donasi nya nanti di salurkan oleh pengurus Majelis Rasulullah Saw bahkan tahun ini kita buka juga untuk pembagian zakat dan sebagainya. Mudah-mudahan Insya Allah bermanfaat untuk masyrakat yang kesulitan dan mudah-mudahan Allah Swt angkat kesulitan dari ummat Nabi Muhammad Saw.

Perlu kita perhatikan mulai sekarang sisihkan kita punya rizki untuk kita berbagi apalagi di bulan Ramadhan kemudian perhatian dengan zakat kita jangan sampai kita tidak perhatian dengan zakat kita dan jangan sampai salah zakat kita ini dalam makna ayat tersebut  yang pertama adalah orang yang faqir. Yang kedua miskin yang ke tiga amil yang ke empat muallaf yang ke lima budak yang ke enam orang yang banyak hutang dan orang yang berperang di jalan Allah Swt dan musafir. 8 asnaf ini berhak menerima zakat. Jangan sampai salah sasaran ketika kita menyalurkan zakat dan ketika ada orang ingin membangun masjid dengan uang zakat hukumnya tidak boleh. Ingin membangun pondok pesantren dari uang zakat tidak boleh. Boleh kalau pondok nya dan masjid nya mempunyai hutang dengan matrial. Kalau ada ust orang kaya tidak boleh menerima zakat. Kalau habaib tidak boleh menerima zakat haram hukumnya.

Imam syafii mengatakan keluarga Nabi Saw di larang untuk menerima zakat. Yatim bukan penerima zakat tapi penerima shodaqoh. Ini jadi perhatian buat kita dan mudah-mudahan kita bisa menaruh sesuatu pada tempatnya. Apalagi zaman sekarang banyak orang-orang yang tadi nya punya menjadi tidak punya. Ini perlu perhatian kita kalau bukan kita siapa lagi. Afdhol nya sekeliling kita dulu. Tapi jangan lupa ada di luar kita juga mereka membutuhkan. Kalau bukan kita siapa lagi. Mudah-mudahan Insya Allah di mudahkan rizki kita baru kita bisa membantu mereka semuanya dan Allah Swt luaskan rizki mereka semuanya juga dan Allah Swt bukakan hati orang-orang yang mampu biar dia mau merelakan semua itu. Sebab semuanya yang kita punya gak akan kita bawa. Orang sekarang lagi rebut nih 15 ramadhan nanti ada dukhon. Dukhon itu memang ada. Surat nya di dalam Al-Qur’an ada dukhon tapi siapakah yang tau? Siapa kita mendahulukan Allah Swt. Mau 15 ramadhan tahun ini atau pun tahun depan.

Saya ingat beberapa tahun yang lalu waktu saya masih di yaman ramadhan ada meteor lewat. Waktu itu saya lagi ngaji sama habib ali jufri. Tidak usah bingung-bingung para Habaib tidak pernah bilang tanggal sekian kiamat tanggal sekian turun dukhon tanggal sekian turun meteor. Jangan ente sama kayak dukun-dukun. Ente itu Ustadz. Semua punya Allah Swt. Ini jadi pemahaman buat kita. Apa yang kita perluin? Biasain kita peduli dengan sekeliling kita jangan kita peduli dengan diri kita sendiri. Yang perlu kita siapain bukan makanan tapi hubungan kita sama Allah Swt. Itulah yang perlu kita siapkan. Tidak perlu nunggu dukhon kalau emang Allah Swt kasih waktu nya meninggal ya meninggal. Semua kita kembali kepada Allah Swt. Ramadhan jangan kita sia-siakan berapa banyak di bulan ramadhan orang berlomba-lomba mengikatkan diri nya kepada Allah Swt. Kalau kita sibuk yang satu ngurusin corona yang satu ngurusin dukhon. Mudah-mudahan Allah sambung hubungan kita dengan Allah Swt. Malam-malam mulia ini. Kita lihat guru-guru kita salah satu nya Al-Habib Munzir Almusawa tidak pernah ngurusin masalah kiamat. Tapi yang beliau urus adalah hubungan nya dengan Allah Swt. Beliau tau sebab kadar kita hidup di dunia tidak akan lama. Yang kita punya tidak akan kita bawa.

Kata Imam Hatim Al Ashom tidak ada yang kita cintai ikut dengan kita. Ente cinta harta tidak akan ikut dengan ente. Ente cinta suami atau istri mereka semua tidak akan ikut dengan ente ke dalam kubur. Ente cinta sama motor ente tidak akan tuh motor ikut ke dalam kubur. Ente cinta mobil tidak akan tuh mobil ikut ke dalam kubur.

Sampai Nabi Saw di dalam riwayat di  akhir hayat nya Rasulullah menyuruh putrinya yang bernama Sayyidah Fathimah merogok kantong nya Nabi Saw agar menyedekahkan nya uang sebanyak dua dirham. Saya tidak mau meninggal dunia ada harta.

Makanya jadikan pandangan kita di sekeliling kita banyak dari mereka yang membutuhkan kalau bukan kita siapa lagi. Mudah-mudahan Allah Swt memberikan hidayah dan taufiq nya untuk kita. Yuk sama sama dengan zikir jalalah kita minta dengan lafadz Ya Allah Ya Allah. Ini malam kita munajat malam ramadhan adalah malam yang mulia. Mudah-mudahan Allah Swt ampuni dosa kita semua mari sama-sama kita ucapkan bersama            Faquluuu jami’aaannn Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah…..  Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah….. Yaa Allah…..

Laa ilaa ha ilallah….. laa ilaa ha ilallah….. laa ila ha ilallah….. laa ilaa ha ilallah al adzimul haliim, laa ilaa hailallah robbul arsyil adzim, laa ilaa ha ilallah rabussamawati wa rabbul ardhi wa rabbul arsyil kariimm..

Adadaa kholqih wa ridho nafshih waa dzinata ‘arsyih waa midaada kalimaatih

Para hadirin-hadirat yang di rahmati oleh Allah Swt begitu juga para penyimak Live streaming Majelis Rasulullah Saw dimanapun berada saya mau mengajak bagi yang mau berdonasi membantu dalam kegiatan social yang di adakan oleh Majelis Rasulullah Saw bisa langsung mengirim nya melalui rekening yayasan Majelis Rasulullah Saw yang khusus untuk donasi dan temen-temen juga yang mau membantu jalan dakwah Majelis Rasulullah Saw bisa untuk menyumbangkan rizkinya di kirim ke yayasan Majelis Rasulullah Saw yang biasa kita mengajak teman-teman setiap hari. Insya Allah bantuan dari pada teman-teman dari semua jamaah Majelis Rasulullah Saw Allah Swt balas dengan kebaikan dunia akhirat dan juga pengurus Majelis Rasulullah Saw juga sudah membuatkan team Insya Allah akan membantu menyalurkan zakat infaq dan shodaqoh dari teman-teman semua . mudah-mudahan ini akan memberikan manfaat untuk semua masyarakat dan pahalanya terhitung di sisi Allah Swt. Ini yang bisa di sampaikan kurang lebih nya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.