DONASI PEDULI SESAMA

Korban Terdampak Virus Corona Covid-19

 

”Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.” (QS. Ali-Imran: 92)

MUQODDIMAH

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setiap hari memberikan informasi bahwa penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia terus meluas dengan jumlah korban yang terus bertambah hingga sangat mengkhawatirkan karena ribuan orang positif dan juga dalam pengawasan, sementara ratusan lainnya telah meninggal dunia. Angka tersebut bukan statistik semata, melainkan menyangkut nyawa dan kehidupan banyak orang.

Dengan adanya situasi dan kondisi seperti ini penyebaran virus corona Covid-19 berdampak pada banyak hal, mulai dari kesehatan banyak orang, sampai kehidupan ekonomi masyarakat terutama masyarakat menengah kebawah yang menurun drastis.

Kita tak bisa diam saja melihat dan menunggu keadaan ini namun harus berbuat sesuatu untuk bahu membahu bukan saja untuk menghentikan penyebaran virus corona secepat mungkin namun juga membantu meringankan kehidupan ekonomi masyarakat yang terdampak virus corona Covid-19.

Salah satu cara mengatasi ini adalah melalui penggalangan dana. Kita, kamu dan semua orang bisa berdonasi untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona Covid-19 dan juga menggunakan hasil galang dana ini untuk membantu dan melindungi banyak orang yang terdampak virus corona Covid-19 dari segi perekonomian untuk masyarakat menengah kebawah.

Allah SWT berfirman ”Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.” (QS. Ali-Imran: 92)

Terdorong dari niat dan tujuan mulia itulah, maka kami Majelis Rasulullah SAW membuka Donasi Peduli Sesama dengan tujuan untuk mengambil peran dalam usaha menghentikan penyebaran virus corona Covid-19 secepat mungkin dan juga membantu meringankan kehidupan ekonomi masyarakat yang terdampak virus corona Covid-19.

Melalui Donasi ini kami mengajak seluruh pihak yang memiliki kepedulian terhadap kebaikan kaum muslimin khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk mewujudkan niat dan tujuan yang mulia ini, sehingga upaya untuk memulihkan situasi dan kondisi atas terdampaknya virus corona Covid-19 dapat kita lalui dan atasi bersama. Pada akhirnya, Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam, para keluarganya dan para shahabatnya yang mulia serta seluruh umatnya yang berpegang teguh pada seruannya. Aamiin.

 

PANDUAN DONASI PEDULI SESAMA 

RENCANA PENYALURAN DONASI

  1. Dhuafa & Pekerja Informal

Jenis Bantuan : Paket Sembako

  1. Tenaga Kesehatan & Aparat Keamanan (Kepolisian & TNI)

Jenis Bantuan : Paket Makanan

  1. Fasilitan Publik & Rumah Ibadah

Jenis Bantuan : Penyediaan Masker & Disinfektan

 

RENCANA LOKASI PENYALURAN DONASI

  1. Masyarakat yang membutuhkan di sekitar Jabodetabek
  2. Rumah Sakit Khusus Isolasi Covid-19
  3. Zona/Titik Check Point Pelaksanaan PSBB
  4. Masjid & Musholah
  5. Kampung Siaga Covid-19 di sekitar Jabodetabek

 

SISTEM DAN TATA CARA DONASI

Sistem Donasi

  1. Donasi berbentuk dana tunai.
  2. Besarnya dana tunai minimal Rp. 10.000,-
  3. Dana Donasi terlebih dahulu akan dikumpulkan secara bertahap sampai mencapai batas tertentu dan mencukupi untuk dilakukan penyaluran. Selama pengumpulan dana donasi tersebut, pihak pengelola akan melaporkan perkembangan terakhir setiap harinya kepada para donatur melalu media internal Yayasan Majelis Rasulullah SAW (Website & Sosmed)
  4. Pengumpulan dana donasi akan disimpan di Bank Syariah sehingga terhindar dari unsur riba.
  5. Tidak tertutup kemungkinan adanya donator yang memberikan donasinya dalam bentuk barang selama terdapat kesepahaman dan kesesuaian dengan visi dan misi serta pengelolaannya diantara kedua belah pihak.

Tata Cara Donasi

  1. Dana donasi dapat dijemput langsung oleh pihak pengelola dan/atau dapat disetorkan melalui Bank Syariah yang ditunjuk oleh Yayasan Majelis Rasulullah SAW. Apabila donatur menyetorkan dananya melalui Bank, mohon dapat dikonfirmasikan kepada pihak pengelola jumlah dana yang disetor berikut dengan bukti penyetoran/transfer melalui tlp/sms/wa ke nomor tlp/hp yang ditunjuk oleh Yayasan Majelis Rasulullah SAW.
  2. Dana donasi dapat diserahkan langsung oleh donatur kepada pihak pengelola ke Markas Donasi Peduli Sesama.
  3. Dana donasi dapat diserahkan langsung oleh donatur kepada pihak pengelola setiap hari senin & kamis dari jam 13.00 s/d 21.00 WIB

Keterangan :

Bagi donatur yang memberikan jumlah dana donasi lebih dari Rp.1.000.000,- Setelah dana danasi tersebut diterima oleh pihak pengelola, bila diperlukan oleh pihak pengelola akan mengeluarkan surat tanda terima amanah donasi.

Ketentuan Lain :

Apabila karena suatu dan lain hal dikarenakan tidak memungkinkan lagi dana tunai donasi dilakukan penyaluran maka pihak pengelola akan menginformasikannya kepada donatur melalui media-media internal yayasan Majelis Rasulullah SAW.

 

Semoga Allah Subhaanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan kemudahan, kekuatan, dan kesuksesan dalam tugas yang mulia ini dan semoga Allah Subhaanahu Wa Ta’ala berkenan mencatatnya sebagai amalan yang terbaik disisi-Nya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam,  para keluarganya, dan para shahabatnya yang mulia serta umatnya yang berpegang teguh atas seruannya. Aamiin Yaa Allah Yaa Robbal ‘Alamin.

 

Markas Donasi Peduli Sesama

Jalan Cikoko Barat V No.66 Rt.003 Rw.005 Pancoran – Jakarta Selatan 12770 Indonesia.

Tlp. 021-7986709

 

 

 

DONASI PEDULI SESAMA

MAJELIS RASULULLAH SAW