Forum Replies Created
-
AuthorPosts
-
mfdParticipant
[b]berikut jawaban Habibana menegnai zakat yang sudah ada di forum :[/b]
[quote]alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Ketenangan dan kesejukan hati semoga selalu menerangi hari hari anda
saudaraku yg kumuliakan,
harta yg disimpan berupa uang, emas dan perak, jika melebih batas nishob, dan berlangsung hingga satu tahun, maka terkena wajib zakat 2,5% dari totalnya.Nishobnya adalah 84 Gram emas murni, jika harta anda berupa uang, atau emas, atau perak itu anda simpan, dan melebih harga 84 gram emas murni hingga satu tahun, maka wajib mengeluarkan zakatnya, jika tidak maka tidak wajib mengeluarkannya
Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,
Wallahu a\’lam[/quote]
Berikut Linknya :
[url]http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=8&id=16340#16340[/url]mfdParticipantBerikut Teks Do\’a dan dzikir selesai Shalat Fardhu
[file name=Dzikir_dan_Doa_setelah_Shalat.doc size=62976]http://majelisrasulullah.org/components/com_simpleboard/uploaded/files/Dzikir_dan_Doa_setelah_Shalat.doc[/file]
mfdParticipant[b]Berikut pengertian Ijazah yang sudah pernah di jawab oleh Habibana di dalam forum :[/b]
[quote]Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Cahaya Keberkahan Lailatul Qadr semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,
Saudaraku yg kumuliakan,
hampir semua doa tak perlu Ijazah, karena doa adalah meminta pada Allah, Ijazah diperlukan adalah guna izin saja, dari guru kepada kita bahwa kita boleh mengamalkannya, misalnya murid ini ingin mengamalkan dzikir shalawat sebanyak 5 ribu kali setiap hari, maka gurunya akan melihat, wah.. dia ini (misalnya) siang hari sibuk bekerja, dan malam hari selalu begadang duduk dengan teman temannya dalam hal yg tak berarti, maka baiknya ia membaca dzikir itu dimalam hari, maka gurunya mengizinkannya membaca itu tapi di malam hari,guru lebih tahu mana dzikir yg pantas cocok diamalkan mana yg tidak,
disamping itu Ijazah adalah juga menyambung sanad guru, yaitu hubungan ruh antara sipembaca dengan yg membuat dzikir itu, nah.. misalnya saya sudah punya ijazah suatu dzikir, maka saya sudah mempunyai hubungan ruh dengan pemilik doa tsb walaupun belum pernah bertemu,
misalnya anda mempunyai Guru kyai fulan, guru anda membuat sebuah doa yg sangat mulia, saya ingin mengamalkannya, ya boleh saja, namun bukankah baiknya saya izin padanya, jika tidak / ia telah wafat, maka saya izin dari anda, karena anda muridnya, anda lebih tahu apakah doa itu dan kemuliaannya, maka anda mengijazahkannya (mengizinkannyaa) pada saya,
demikian ijazah dari para Imam Imam terdahulu diijazahkan pada muridnya demikinan berkesinambungan hingga kini,
kembali ke masalah saya ingin membaca doa yg dibuat guru anda, tentunya boleh saja karena doa itu telah dicetak bebas misalnya, namun tentunya lebih sempurna jika saya sudah mendapat izin dari beliau atau muridnya yg telah mengamalkan doa itu,
sebagian besar doa adalah dari Rasul saw maka tak perlu ijazah apa2.
Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,
Wallahu a\’lam
[/quote]
Berikut Linknya :
[url]http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=9&id=17142#17142[/url]wassalam
mfdParticipant[b]Saudaraku beriku Jawaban Habibana mengenai Shalat Taubat[/b]
[quote]Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Cahaya Keberkahan Lailatul Qadr semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,
Saudaraku yg kumuliakan,
Shalat Taubah diriwayatkan dg sanad Hasan, dilakukan 2 rakaat, niatnya : Ushalliy sunnatattaubah rak\’atain Lillahi ta\’ala. boleh pagi diwaktu dhuha, boleh siang atau afdhalnya adalah malam hari.Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,
Wallahu a\’lam
[/quote]Berikut Linknya :
[url]http://www.majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=8&id=8008#8008[/url]
[b]Setelah salam, lalu membaca istighfar 100 kali[/b]
[size=4]اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمِ[/size]
[b]Setelah istighfar, baca doa dibawah ini :[/b]
[size=4]Doa Setelah Shalat Tobat[/size]
[size=4]اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ[/size]
Demikian Saudaraku
wassalammfdParticipantBerikut Sanad kepada Imam Abdullah bin Alwi Alhaddad
Dari guru Mulia Al Allamah Al Musnid Alhabib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidh, Alhafidh,
Dari guru beliau Al Allamah Al Musnid Alhabib Ibrahim bin Umar bin Aqil bin Yahya Alhafidh,
Dari guru beliau Al Allamah Al Musnid Alhabib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi (kwitang) Alhafidh,,
Dari guru beliau Al Muhaddits Al Musnid Alhabib Idrus bin Umar Alhabsyi Alhafidh,
Dari guru beliau Al Allamah Al Musnid Alhabib Abdullah bin Husein bin Thahir Alhafidh,
Dari guru beliau Al Allamah Al Musnid Alhabib Umar bin Segaf Assegaf Alhafidh,
Dari ayah beliau sekaligus guru beliau Al Allamah Al Musnid Alhabib Segaf bin Muhammad bin Umar Assegaf Alhafidh,
Dari guru beliau Al Allamah Al Musnid Alhabib Abdurrahman bin Abdullah Balfaqih Alhafidh,,
[b]Dari guru beliau Al Allamah Al Muhaddits Al Musnid Alhabib Abdullah bin Alwi Alhaddad shohiburratib Alhafidh,[/b]mfdParticipant[b]Berikut Doa Tawassul pada Nabi saw :[/b]
Setelah shalat hajat lalu membaca Subhanallah wabihamdih 100X lalu Assalamualaika Yaa Rasulallah saw 100X, lalu membaca doa ini.
[size=4]اللهم إني أسألك وأتوجه إليك بنبيك محمد نبي الرحمة يا محمد إني توجهت بك إلى ربي في حاجتي هذه فتقضى لي اللهم شفعه في وشفعني فيه[/size]
Wahai Allah, sungguh aku memohon pada Mu, dan menghadap dan mengemis pada Mu demi Nabi Mu Muhammad (saw) Nabi Rahmat, wahai Muhammad sungguh aku menghadap denganmu kepada Tuhanku tentang hajatku ini, maka hingga engkau mengabulkannya, Wahai Allah jadilah beliau saw membantuku dan jadikan aku dikelompok orang orang yg dibantu oleh beliau (saw).
mfdParticipantberikut kami tampilkan sanad Ilmu yang masih berupa bahasa arab dan belum ditulis latin, diambil dari cuplikan sanad ilmu yang ada dibuku [b]\"kenalilan akidahmu 2\"[/b]
[file name=sanat_ilmu_ok.doc size=78336]http://majelisrasulullah.org/components/com_simpleboard/uploaded/files/sanat_ilmu_ok.doc[/file]
mfdParticipant[b]2. Terima kasih yg sebesar2nya atas ijazah sanad keguruan dan amalan yg tuan guru berikan.ulun terima ijazahnya.berkenaan dg sanad keguruan,bolehkah ulun mengetahui nama2 sanad guru tersebut(kalau tuan guru berkenan)[/b]
Berikut kami tampilkan Sanad Keguruan Habibana Munzir Al Musawa
[quote]SANAD GURU
Saya berguru kepada Guru Mulia Al Allamah Al Musnid Al habib Umar bin hafidh,
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Almusnid Alhabib Abdulqadir bin Ahmad Assegaf,
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Almusnid Alhabib Abdullah bin Umar Assyatiri,
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Al hafidh Alhabib Ali bin Muhammad Alhabsyi (simtuddurar),
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Almusnid Alhabib Abdurrahman Almasyhur (shohibulfatawa),
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Al hafidh Alhabib Abdullah bin Husein bin Thohir,
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Al hafidh Alhabib Umar bin Seggaf Assegaf ,
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Almusnid Alhabib Hamid bin Umar Ba’alawiy,
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Alhabib Al Hafidh Ahmad bin Zein Alhabsyi,
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Alhabib Al hafidh Abdullah bin Alawi Alhaddad (shohiburratib),
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Almusnid Alhabib Umar bin Abdurrahman Alattas (Shohiburratib),
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Almusnid Alhabib Husein bin Abubakar bin Salim,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Alhabib Abubakar bin Salim (fakhrulwujud,
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Al hafidh Alhabib Ahmad bin Abdurrahman Syahabuddin,
Dan beliau berguru kepada Al Allamah Al hafidh Alhabib Abdurrahman bin Ali (Ainulmukasyifiin),
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Almusnid Alhabib Ali bin Abubakar (assakraan),
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah AL hafidh Alhabib Abubakar bin Abdurrahman Assegaf,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Hafidh Alhabib Abdurrahman Assegaf
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Almusnid Alhabib Muhammad Mauladdawilah,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Almusnid Alhabib Ali bin Alwi Alghayur,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Almusnid Al Imam Alwi Alghayur,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al hafidh Al Imam Faqihilmuqaddam Muhammad bin Ali Ba’alawiy,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Ali bin Muhammad Shahib Marbath,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Muhammad Shahib Marbath bin Ali, Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Ali Khali\’ Qasam bin Alwi,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Alwi bin Muhammad,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Muhammd bin Alwi,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Alwi bin Ubaidillah,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Ubaidillah bin Ahmad Almuhajir,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Ahmad Almuhajir bin Isa Arrumiy,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Isa Arruumiy bin Muhammad Annaqib, Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Muhammad Annaqib bin Ali Al Uraidhiy,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Ali Al Ureidhiy bin Jakfar Asshadiq,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Jakfar Asshadiq bin Muhammad Albaqir,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Muhammad Albaqir bin Ali Zainal Abidin,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Allamah Al Imam Ali Zainal abidin Assajjad,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Imam Husein ra,
Dan beliau berguru kepada ayahnya Al Imam Ali bin Abi Thalib kw
Dan beliau berguru kepada Guru mulia Sayyidina Rasulillah saw, maka sebaik baik bimbingan guru adalah bimbingan Rasulullah saw.Sanad diatas saya ringkaskan satu jalur saja, sebab terdapat pecahan pada jalur setiap sanadnya yg banyak namun saya ambilkan satu jalur tunggal saja, karena jalurnya ada yg terpecah pecah demi semakin kuatnya sanad ini, karena setiap murid mempunyai beberapa guru dan beberapa guru ada yg berpadu pada sanad selanjutnya ada yg berjalur ke sanad lain menuju Rasulullah saw.[/quote]
mfdParticipant[b]1. seorang teman bertanya pada saya apakah harta berharga dalam hal ini emas harus dikeluarkan zakatnya,bagaimana perhitungannya?[/b]
Berikut Jawaban Habibana yang sudah ada di Forum dengan pembahasan yang sama :
[quote]Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Cahaya kemuliaan ramadhan semoga melimpah kepada anda dan keluarga,
mengenai zakat Maal, (zakat harta), wajib dikeluarkan setiap tahunnya, (bukan setiap bulan sebagaimana berjalan sebagian pemahaman baru masa kini).
jadi yg dimaksud adalah jika anda menyimpan uang (bukan uang berjalan), namun menyimpannya/menabungnya,
anda wajib mengeluarkan zakatnya setiap tahun terhitung sejak uang anda mencapai batas zakat (Nishob),
maka bila uang anda jumlahnya melebihi harga Emas Murni 84 gram maka zakatnya 2`5% dari seluruh uang tersebut, tapi hanya jika anda telah memilki uang itu selama setahun,maaf saya tidak tahu kepastian berapa harga emas murni saat ini, misalnya harga emas murni 1 gramnya adalah satu juta, maka bila anda menyimpan/menabung uang melebih harga 84gram emas (1juta X 84 = 84 jt) melebihi 1 tahun. maka mestilah anda mengeluarkan zakatnya sebesar 2,5%, saat terhitung hari pertama masuk tahun kedua.
misalnya uang anda 70 juta rupiah pada 1 Januari 2003, maka anda tidak kena zakat, karena uang anda dibawah standar zakat, lalu pada 1 Maret 2004 uang anda 100 juta rupiah, nah.. sekarang harta anda melebihi nishob (batas wajib zakat), apakah anda wajib membayar zakat?, belum.., karena msti menunggu 1 tahun lamanya dari 1 maret (bukan 1 januari lho..) ,
maka bila harta anda tidak berkurang dibawah batas nishob sampai 1 Maret 2005, maka anda terkena wajib zakat..,2`5% dari 100 juta. (bukan 2`5% dari 84 jt).
syarat zakat maal adalah Nishob dan haul
yaitu melebihi batas wajib zakat, lalu mulai hari itulah terhitung,
dan haul yaitu mencapai 1 tahun lamanya harta anda tak berkurang dari batas nishob.bila harta anda pada 1 Februari mulai melebihi nishab, lalu april turun dibawah nishab, maka anda tak terkena wajib zakat, sampai harta anda melebihi nishab kelak, misalnya lalu harta anda di bulan agustus melebihi nishab, maka mulailah terhitung sejak agustus, bila berlansgung setahun maka terkena zakat, bila tidak mencapai setahun sudah ada penurunan maka wajib zakat terhapus, sampai anda mulai memiliki harta melebihi nishab kembali.
jika uang simpanan anda 100 juta mulai 1 januari, lalu november uang anda 10 milyar, lalu pada 31 desember uang anda 85 juta, maka anda terkena zakat tentunya, namun yg diambil adalah 2,5% dari uang anda dihari terakhir setelah sempurna setahun, yaitu 85 juta, bukan 10 milyar.
demikian wahai saudaraku, memang masalah ini agak pelik, bila anda belum jelas boleh ditanyakan kembali.
2. boleh memberikannya pada keluarga/kerabat, atau tetangga terdekat, ataua lainnya.
Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,
Wallahu a\’lam[/quote]
Berikut Linknya :
[url]http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=8&id=8103〈=id#8103[/url]
[quote]zakat maal / harta dikeluarkan setahun sekali, terhitung hari sejak uang kita melebihi Nishob, dan Nishob zakat maal adalah seharga emas 84 gram, maka bila uang simpanan kita terus meningkat, misalnya mulai 4 Oktober 2006 uang simpanan kita mulai melebihi harga emas 84 gram, maka sejak tanggal 4 oktober itu terhitunglah kita sebagai calon wajib zakat, namun belum wajib mengeluarkan zakat karena menunggu syarat satu lagi, yaitu haul (sempurna satu tahun)nah.. bila uang kita terus dalam keadaan diatas Nishob sampai 3 oktober 2007 maka wajiblah kita mengeluarkan zakatnya sebesar jumlah seluruh uang kita yg ada pd tgl 3 oktober sebesar 2,5%. (bukan uang kita yg pd 4 oktober 2006, atau uang kita bertambah menjadi 100 juta misalnya, lalu naik dan turun, maka tetap perhitungan zakat adalah saat hari terakhir ketika genap 1 tahun dikeluarkan 2,5% darinya).
bila uang kita setelah melebihi batas nishob, lalu uang kita berkurang misalnya pd januari 2007 uang kita turun dibawah harga emas 84 gram, maka sirnalah wajib zakat kita, kita tidak wajib berzakat kecuali bila uang kita mulai melebihi nishab lagi, saat itu mulai laih terhitung calon wajib zakat dg hitungan mulai hari tsb, dan itupun bila mencapai 1 tahun penuh tidak ada pengurangan dari batas nishob.
maka sebagaimana saya katakan diatas, jika dikatakan sedekah, maka tentu boleh saja, jangankan tiap bulan, tiap tahun pun boleh,
tapi kalau dikatakan zakat, maka itu hal yg tercela dan munkar, karena zakat hukumnya fardhu, tidak bisa kita menambahkan fardhu melebihi yg diajarkan oleh Rasul saw walau dengan alasan apapun.,
sebagian saudara saudara kita mengatakan bahwa hal itu perlu karena banyaknya fuqara muslimin, namun tentunya boleh jika dinamakan sedekah, bukan zakat, karena jika dikatakan zakat maka ia telah membuat syariah baru,
misalnya, karena banyaknya dosa masa kini maka shalat 5 waktu mesti ditambah menjadi 7 waktu, atau shalat dhuhur harus ditambah menjadi 10 rakaat, tentunya hal ini mungkar, dan tak bisa diterima dg alasan apapun, demikian pula zakat harta yg dikeluarkan bulanan
Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,
Wallahu a\’lam[/quote]
Berikut Linknya :
[url]http://www.majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=8&id=18807#18807[/url]Wassalam
mfdParticipant[b]sya mau tya caray sholat jamak bib,, soaly sya msih awan masalah fiqih.. umpama sya bepegian jauh dan gk smpat sholat duhur dan bisay solat di wktu ashar nah apakah saya mesti sholat ashar dlu dan baru sholat jamak ta\’khir?? atau apakah dg sholat jamak ta\’khir empat rakaat itu sja sudah menggantikan kwajiban dhuhur dan ashar??[/b]
Berikut Jawaban Habibana yang sudah ada di Forum dengan pembahasan yang sama :
[quote]Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Cahaya Keindahan Allah swt semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,
Saudaraku yg kumuliakan,
Anda dapat menjamaknya, namun permasalahannya kini dimana anda bisa menjamaknya?, karena jika anda telah sampai rumah maka jamak sudah tidak sah dilakukan, jamak adalah mesti dilakukan diluar wilayah kediaman anda, anda dapat menjamaknya dikantor dengan jamak Taqdim tanpa qashar, namun berarti anda mesti tinggal di kantor hingga waktu magrib, atau anda menjamaknya ketika saat dalam perjalanan sebelum masuk wilayah kediaman anda, jika kediaman anda di wilayah bekasi misalnya maka jamak mestilah diluar bekasi, misalnya Jakarta timur,Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dalam semua cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,
Wallahu a’lam
[/quote][quote]Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Rahmat dan Kelembutan Allah swt semoga selalu menyelimuti hari hari anda dengan kebahagiaan,
Saudaraku yg kumuliakan,
lafadh niat adalah bukan hal yg wajib, namun jika anda ingin melakukannya maka lafadhnya :Ushalli fardhuddhuhur Jam\’an ma\’al ashr Taqdiiman lillahi ta\’alaa
Ushalli fardhul Ashr Jam\’an ma\’addhuhur Taqdiiman lillahi ta\’alaa
Ushalli fardhuddhuhur Jam\’an ma\’al Ashar Ta\’khiiran lillahi ta\’alaa
Ushalli fardhul Ashr Jam\’an ma\’addhuhur, Ta\’khiiran lillahi ta\’alaasaya niat shalat fardhu dhuhur dijamak dengan ashar, dengan dimajukan waktunya Taqdiim), karena Allah ta;ala
untuk shalat magrib dan isya maka tinggal menggantinya saja.
dan untuk Qashr maka ditambah \"Qashran\" sebelum kalimat lillahi ta\’ala.
syarat syaratnya adalah bukan safar untuk bermaksiat, keluar dari wilayah, tidak niat mukim melebihi 4 hari, dan untuk Qashr maka ditambah syarat perjalanannya melebih 82km.
Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dalam semua cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,
Wallahu a’lam[/quote]
Berikut Linknya :
[url]http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=8&id=6920&lang=id#6920[/url]Jika Saudaraku masih mau mencari jawaban atas pertanyaan saudara, anda bisa ketik kata kuncinya di kotak di PENCARIAN yang sudah di sediakan (ada di sebelah kanan atas forun tanya jawab), misalnya seputar shalat Jamak maka ketik kata kuncinnya \"shalat Jamak\", akan ada ratusan jawaban yang keluar yang sudah pernah di bahas oleh Habibana sebelumnya.
Wassalam
AdminII -
AuthorPosts

